5 Tips Pemanfaatan Instagram yang Efektif untuk UMKM

DIPDOP > Ceative Agency > Content Marketing > 5 Tips Pemanfaatan Instagram yang Efektif untuk UMKM
Ilustrasi pemanfaatan instagram
Photo by Souvik Banerjee on Unsplash

Penggunaan sosial media sudah menjadi bagian strategi promosi yang tidak dapat dipisahkan di era digital. Salah satu sosial media yang banyak digunakan, yaitu Instagram. Platform tersebut dapat dijadikan alat promosi karena bisa menyampaikan informasi dengan cepat dan tepat sasaran. 

Pemanfaatan Instagram sebagai sosial media sangat amat membantu bagi pelaku UMKM. Instagram banyak menyediakan layanan dan fitur yang dapat dimanfaatkan. Jika dimanfaatkan dengan benar, hal tersebut dapat menguntungkan pelaku UMKM yang baru merintis maupun yang ingin mengembangkan usahanya.

Jadi, apakah anda ingin tahu bagaimana cara pemanfaatan Instagram yang efektif untuk UMKM anda? Silahkan simak artikel ini sampai habis, ya!

Pentingnya Instagram sebagai Alat Promosi

Pemasaran digital melalui Instagram memiliki banyak keuntungan, seperti adanya potensi untuk mencapai lebih banyak calon konsumen. Hanya dengan mengunggah foto, video, dan konten yang relevan dapat menarik konsumen tertarik untuk melihat ataupun membeli produk yang ditawarkan. 

Banyak pelaku UMKM yang belum mengerti menggunakan Instagram sebagai alat promosinya. Padahal, Instagram merupakan salah satu promosi yang dapat dilakukan dengan harga yang murah, bahkan gratis. Selain itu, jika menggunakan strategi yang tepat dan efektif, promosi produk di Instagram tergolong mudah, lho!

Berikut merupakan tips memanfaatkan Instagram sebagai alat promosi UMKM anda:

1. Buat Profil dan Identitas Brand dengan Jelas

Hal paling penting yang harus ada dalam Instagram UMKM anda, yaitu identitas profil yang jelas. Dengan adanya profil yang jelas, maka informasi yang ingin disampaikan akan sesuai dan tepat sasaran ke calon konsumen. Profil tersebut harus menampilkan informasi, nilai, dan kelebihan yang sangat jelas dan detail dari UMKM anda.

Profil yang jelas tidak hanya membuat bisnis terlihat profesional, tetapi juga membantu menarik perhatian pelanggan. Dengan menyajikan informasi yang detail, seperti informasi kontak, alamat bisnis, dan tautan ke platform penjualan online, UMKM dapat memberikan kesan yang positif bagi calon konsumen. Profil yang jelas juga mempermudah calon konsumen untuk mencari dan menemukan informasi yang mereka butuhkan. 

2. Gunakan Visual dan Foto yang Menarik

Penggunaan visual yang menarik akan membuat produk UMKM lebih bisa diperhatikan jika dibandingkan dengan visual yang tidak menarik. Visual dan foto yang menarik dapat membantu memperkuat branding UMKM. 

Ketika konsumen merasa tertarik oleh visual yang menarik dari produk anda, mereka lebih cenderung untuk memberikan respons dalam bentuk like, komentar, atau berbagi. Hal tersebut dapat meningkatkan jangkauan postingan dari akun UMKM anda. Selain itu, tentunya dapat menaikkan minat konsumen untuk melakukan pembelian dan menghubungi kontak UMKM untuk mengetahui informasi dari produk yang ditawarkan. 

3. Perbanyakan Interaksi dengan Pelanggan

Pemanfaatan Instagram memungkinkan pelaku UMKM untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan baru dan yang sudah ada. Dengan merespons komentar, membalas pesan langsung, atau bahkan mengadakan sesi tanya jawab di Instagram Stories, UMKM dapat membangun hubungan dan kesan yang baik dengan audiens mereka. Selain itu, juga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap UMKM anda.

4. Rutin Mengunggah Konten

Konten yang diunggah secara konsisten dapat meningkatkan keterlibatan dengan konsumen. Ketika konsumen melihat bahwa akun Instagram UMKM anda secara rutin memposting konten yang menarik dan bermanfaat, mereka lebih cenderung untuk berinteraksi dengan konten tersebut, seperti memberikan like, komentar, atau berbagi. 

Mengunggah konten secara rutin juga dapat menyebabkan konsumen melihat konten dari UMKM anda secara teratur. Mereka akan semakin memiliki kesan yang baik dengan jenis produk yang ditawarkan dan dapat meningkatkan pengenalan UMKM anda di antara calon konsumen. Hal itu semua dengan catatan konten yang dibuat merupakan konten yang relevan dan sesuai dengan produk atau UMKM anda.

5. Gunakan Hashtag yang Relevan

Menggunakan hashtag yang relevan dengan UMKM dan produk yang ditawarkan, berpotensi untuk meningkatkan jangkauan target audiens yang lebih spesifik. Hashtag membantu memperluas jangkauan konten ke pengguna yang tertarik dengan topik atau tema yang terkait, sehingga meningkatkan kemungkinan menarik perhatian calon konsumen.

Instagram dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan UMKM, jika didampingi dengan strategi yang baik. UMKM dapat merasakan dampak dari kelebihan yang dimiliki oleh Instagram, salah satunya meluaskan jangkauan usahanya. Jadi, silahkan gunakan Instagram sebagai alat promosi UMKM anda, ya!

Sumber:

Instagram for Small Business: How to Grow in 2024 and Beyond

Ultimate guide to using Instagram for small business

Tips Memanfaatkan Konten Instagram untuk UMKM

Muhammad Akbar Saputra
akbarsaputra67@gmail.com

2 thoughts on “5 Tips Pemanfaatan Instagram yang Efektif untuk UMKM”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *