5 Manfaat Instagram untuk Promosi Digital UMKM

DIPDOP > Ceative Agency > Content Marketing > 5 Manfaat Instagram untuk Promosi Digital UMKM
ilustrasi manfaat instagram
Photo by Gabrielle Henderson on Unsplash

Instagram merupakan media sosial yang menyediakan fitur untuk mengunggah konten, seperti foto dan video. Penggunaannya yang mudah membuat Instagram sangat diminati oleh banyak orang. Kemudahan tersebut tentunya dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis, terutama UMKM untuk media promosinya.

Potensi yang dimiliki Instagram tergolong besar untuk dimanfaatkan sebagai media promosi bagi UMKM. Adanya potensi tersebut akan mungkin untuk meluaskan jangkauan dari UMKM secara daring. Maka dari itu, penggunaan Instagram sebagai media promosi akan sangat bermanfaat untuk UMKM.

Jadi, kenapa Instagram bisa dijadikan alat promosi UMKM? Silahkan simak artikel ini, ya!

Pentingnya Instagram untuk UMKM

Era digital yang semakin besar membuat beberapa dampak terhadap ekonomi, terutama digital marketing. Saat ini, Konsumen mempunyai keinginan untuk mendapatkan barang dan jasa dengan cara yang mudah, yaitu dengan melakukan belanja secara online. Tentunya, hal tersebut membuat pelaku usaha harus menyesuaikan era digital dengan cara melakukan pemasaran online.

Salah satu media yang dapat dijadikan untuk pemasaran online, yaitu Instagram. Media sosial tersebut terus mengembangkan fitur-fiturnya untuk mendukung para pelaku usaha yang memasarkan produknya di Instagram. Selain itu, terdapat banyak kelebihan Instagram yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM. 

Nah, apa saja manfaat dan kelebihan yang dimiliki oleh Instagram?

1. Dapat Meluaskan Jangkauan UMKM

Instagram adalah alat yang efektif untuk memperkenalkan dan memasarkan produk Anda. Media sosial tersebut tergolong mudah digunakan dan selalu dipakai oleh orang dalam kesehariannya. Jangkauannya yang luas memungkinkan orang dari berbagai daerah dapat dengan mudah mengakses informasi tentang produk dan profil bisnis Anda. Hal tersebut dapat memudahkan pemasaran produk UMKM anda.

2. Memilki Fitur yang Banyak dan Lengkap

Instagram merupakan media sosial yang terus mengembangkan fitur-fiturnya untuk mendukung para pelaku usaha yang memasarkan produknya di Instagram. Salah satunya, yaitu adanya fitur Instagram bussiness yang bermanfaat untuk memaksimalkan penggunaan akun Instagram sebagai bisnis. Fitur akun bisnis ini dinilai lebih lengkap dibandingkan dengan akun pribadi atau akun personal dikarenakan dalam fitur bisnis ini menjadikan promosi usaha lebih mudah.

Adapun fitur insight yang berfungsi untuk mengetahui jumlah pengunjung profil, mengetahui jumlah pengikut, dan lainnya. Selain itu, terdapat fitur yang dapat menampilkan email dan nomor telepon pemilik untuk pelanggan yang ingin menghubungi pemiliki akun dengan mudah.

3. Efektif untuk meningkatkan brand awareness dengan biaya yang terjangkau

Beberapa media sosial menyediakan fitur untuk mempromosikan bisnis. Tentunya, hal tersebut tidak gratis. Instagram menyediakan layanan promosi yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan iklan konvensional. Selain itu, fitur tersebut dapat menentukan kategori pemirsa iklan, mulai dari usia, jenis kelamin, hingga minat calon konsumen.

4. Membantu untuk mengenal pelanggan lebih dekat 

Manfaat Instagram untuk UMKM, yaitu dapat menjalin komunikasi yang baik dengan para calon pelanggan maupun yang sudah setia dengan produk anda. Fitur-fitur seperti komentar, likes, dan pesan memungkinkan interaksi langsung dengan konsumen, meningkatkan hubungan dan loyalitas terhadap merek. Hal tersebut akan memungkinkan anda semakin sering melakukan interaksi dengan pelanggan, seperti menanyakan inovasi produk apa yang mereka inginkan dalam UMKM Anda.

5. Memantau pasar dan memahami persaingan 

Penggunaan Instagram akan mampu untuk memantau bagaimana pasar produk. Contohnya, yaitu jika ada kompetitor yang juga menjual produk yang sama, maka anda akan dapat melakukan analisa informasi dari kompetitor. Kemudian, hal tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi dalam mengembangkan strategi pemasaran agar lebih efektif dan satu langkah di depan kompetitor.

Manfaat Instagram sebagai media sosial akan memudahkan para pelaku UMKM. Adanya kelebihan yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM, tentunya membuat Instagram dapat dijadikan salah satu strategi promosi. Jadi, coba pertimbangkan menggunakan Instagram untuk promosi UMKM anda, ya!

Sumber:

Pemanfaatan Instagram di Dalam Mengelola Bisnis Online bagi UMKM

Optimalisasi Digital Marketing Melalui Instagram Sebagai Strategi Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Medokan Semampir Kota Surabaya

Edukasi Pentingnya Sosial Media Bagi Para Penjual Umkm Di Desa Sumberjaya

Muhammad Akbar Saputra
akbarsaputra67@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *