6 Tips Menaikkan Engagement Instagram, Yuk Disimak!

DIPDOP > Ceative Agency > Content Marketing > 6 Tips Menaikkan Engagement Instagram, Yuk Disimak!
Ini dia 7 tips menaikkan engagement Instagram yang wajib kamu tahu!
Photo by Gabrielle Henderson on Unsplash

Untuk dapat mengembangkan sebuah bisnis, menaikkan engagement Instagram adalah langkah pertama yang cukup krusial namun tricky di waktu yang bersamaan.

Instagram menjadi salah satu media sosial paling populer di Indonesia, di mana penggunanya mencapai 100.9 jiwa di awal 2024. Sehingga, keberadaannya menjadi kunci penting dalam sebuah bisnis.

Dengan fitur-fiturnya yang semakin canggih dan memudahkan kita untuk bereksplorasi, seperti Threads Instagram, Stickers, dan Reels.

Namun, tidak jarang kita menemui kesulitan untuk bisa mendatangkan lebih banyak audiens yang berdampak pada engagement yang begitu-begitu saja.

Oleh karena itu, kami sudah merangkum 5 tips bermanfaat untuk menaikkan engagement Instagram sehingga performa akun Anda semakin meningkat!

6 Tips Menaikkan Engagement Instagram ala DIPDOP

1. Kenali audiens Anda dengan baik

Sebelum Anda membuat konten untuk akun apapun, Anda perlu mengerti kepada siapa konten ini ditujukan. Demografi, kesukaan, dan perilaku audiens menjadi kunci untuk membuat konten yang tepat sasaran.

Dengan mengetahui background dari audiens Anda, konten-konten yang Anda buat tentu akan membuat mereka menjadi lebih terbantu atau tertarik.

Tentunya, target audiens juga harus selaras dengan visi, misi, dan value dari sebuah brand.

2. Buat Instagram Story yang interaktif

Menurut Sprout Social, Instagram Story menjadi salah satu fitur di Instagram yang efektif untuk meningkatkan interaksi dengan audiens atau pengikut akun Anda.

Saat ini, terdapat banyak sekali tools di Instagram Story yang bisa dimanfaatkan dalam membuat konten Story yang menarik. Ada beberapa ide yang bisa Anda coba buat sehingga akun Anda semakin menjangkau banyak orang.

Konten This or That

Photo from Social Sprout

Fitur This or That menawarkan interaksi antara brand/bisnis dengan audiens/pengikut dengan cara yang unik dan selalu tampil fresh.

Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk banyak hal, lho! Rawson memanfaatkannya untuk melakukan riset terhadap produk yang lebih disukai oleh audiensnya.

Selain menghemat budget riset produk, Anda juga mendapatkan bonus engagement dengan audiens lewat Instagram Story.

Bagikan Artikel Lewat Link

Jangan lupa bagikan artikelmu lewat Story untuk menaikkan engagement Instagram.
Photo from Social Sprout

Apabila Anda memiliki website atau platform lain di mana Anda menuliskan sebuah artikel, Anda bisa membagikan artikel tersebut lewat Instagram Story.

Anda bisa menambahkan foto atau video yang relevan dengan isi artikel tersebut supaya semakin menarik audiens untuk melihat artikelnya.

Ask Me Anything Sticker

Stiker Ask Me Anything bisa digunakan untuk menaikkan engagement Instagram
Photo from Later

Anda bisa memanfaatkan stiker Ask Me Anything untuk sesi mengobrol dengan followers Anda. Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan produk bisnis, kegiatan sehari-hari, atau tips & trik soal kehidupan.

Dengan begitu, ini akan memunculkan interaksi yang dua arah antara brand dengan followers. Anda juga bisa menarik insight menarik tentang audiens juga, lho.

3. Konsisten dalam mengunggah postingan

Hal ketiga yang bisa Anda lakukan adalah memiliki jadwal yang pasti untuk mengunggah post atau konten di Instagram. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan menaikkan engagement di Instagram.

Tips untuk menjaga konsistensi dalam mengunggah postingan adalah dengan membuat beberapa konten dalam sehari lalu menjadwalkan jam dan tanggal posting.

Anda bisa untuk menggunakan aplikasi pembantu untuk melakukannya seperti lewat Planoly dan Buffer.

4. Melakukan variasi konten

Supaya menaikkan engagement Instagram, Anda perlu untuk melakukan variasi konten di setiap minggunya, di mana ada konten edukasi, tips & trik, penjualan, dan tipe konten lainnya.

Saat ini, audiens lebih tertarik untuk melihat konten-konten yang autentik dari sebuah brand, seperti behind the scenes dari pembuatan sebuah produk. Anda juga bisa untuk membuat konten serupa dan meningkatkan branding di mata konsumen.

Pelajari lebih lanjut mengenai tren sosial media di sini, ya!

5. Aktif untuk berinteraksi dengan audiens

Interaksi yang dimaksud adalah interaksi secara personal seperti merespon DM, komentar, dan mention dari audiens atau pengikut Anda.

Berinteraksi dengan audiens akan memunculkan koneksi secara emosional, dan hubungan yang terjalin tidak hanya berdasarkan transaksi yang sudah terjadi.

Audiens juga merasa bahwa brand tidak hanya menghargai mereka sebagai konsumen, tapi juga sebagai individu-individu yang betul-betul peduli dengannya.

6. Berkolaborasi dengan influencer/partner

Anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan influencer atau partner untuk meningkatkan engagement Instagram, namun perlu diingat untuk memilih influencer atau partner yang sejalan dengan tujuan brand.

Salah satu kolaborasi terkenal dari brand Indonesia adalah kolaborasi antara Mad for Makeup dan Mean Girls untuk koleksi produk makeup pada tahun 2023.

Mean Girls merupakan salah satu film tahun 2000-an yang sangat terkenal di kalangan remaja perempuan, di mana merupakan pangsa pasar brand tersebut.

Sehingga, mereka sukses untuk menggaet atensi pasar hingga ke audiens yang belum pernah mencoba Mad for Makeup.


Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan apabila memiliki bisnis/brand untuk menaikkan engagement di Instagram. Jangan lupa untuk terus mengeksplorasi berbagai macam fitur yang ada di platform media sosial tersebut sehingga Anda bisa menentukan mana fitur terbaik yang bisa terus digunakan.

Selamat mencoba, Sobat Doppians!

Adinda Feriana Madani
adindamadani01@gmail.com

One thought on “6 Tips Menaikkan Engagement Instagram, Yuk Disimak!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *