8 Strategi Digital Marketing untuk Sukseskan Bisnismu

DIPDOP > Ceative Agency > Digital Marketing > 8 Strategi Digital Marketing untuk Sukseskan Bisnismu
Photo by Campaign Creators on Unsplash

Di era digital yang terus berkembang, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) menghadapi tantangan besar dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan visibilitas mereka. Dalam upaya untuk bertahan dan berkembang, penerapan strategi digital marketing yang efektif menjadi kunci utama.

Tahun 2024 menjadi momen penting di mana pergeseran tren dan teknologi baru menawarkan peluang tak terbatas bagi UMKM.

Artikel ini akan menggali strategi digital marketing yang relevan dan efektif bagi UMKM di tahun 2024. Dari pemanfaatan media sosial yang cerdas hingga penerapan omnichannel marketing, UMKM memiliki akses ke beragam alat untuk memperluas pangsa pasar mereka.

Anda bisa mengeksplorasi pendekatan yang dapat diadopsi ke dalam bisnis untuk meningkatkan visibilitas brand secara online, membangun hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan konversi.

Dengan memahami dinamika digital yang terus berubah, UMKM dapat mengubah tantangan menjadi peluang dengan merancang strategi digital marketing yang sesuai.

Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik bisnis untuk terus belajar dan mendalami strategi marketing yang relevan dengan zaman. Mari kita jelajahi lebih lanjut tentang bagaimana UMKM dapat menghadapi tahun 2024 dengan percaya diri melalui inovasi digital yang cerdas dan efektif.

Sebelum membuat strategi digital marketing, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami terlebih dahulu.

1. Analisis target konsumen

Anda perlu untuk mengumpulkan data terkait target konsumen yang hendak kamu sasar, seperti demografi, kebutuhan, umur, pekerjaan, dan jenis kelamin.

Data konsumen ini akan memudahkan kamu untuk membuat strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Hal ini melingkupi perilaku konsumen, preferensi pembelian, dan pola penggunaan produk atau layanan. 

2. Jenis sosial media yang sesuai

Dengan menganalisis target konsumen tersebut, kamu bisa menentukan jenis sosial media yang bisa kamu manfaatkan untuk menggaet target konsumen dari bisnismu.

Apabila target pelangganmu Gen Z, gunakan Instagram atau TikTok. Apabila kamu hendak menyasar generasi milenial, kamu bisa menggunakan Twitter atau Facebook.

8 Strategi Digital Marketing di 2024

1. Membuat konten yang autentik dan orisinil lewat storytelling

Anda bisa menggunakan teknik storytelling untuk menunjukkan keunikan dari bisnis yang dimiliki, cerita di balik berdirinya, atau jerih payah dalam membangun bisnis tersebut. Konten dengan sentuhan orisinilitas seperti ini akan meningkatkan relasi emosional dari konsumen kepada bisnis Anda.

Anda tidak akan terlihat seperti menjual bisnis secara direct selling, tapi Anda mengajak konsumen untuk terlibat dalam cerita perkembangan bisnis Anda. Dengan melakukan pendekatan seperti ini kepada konsumen, mereka akan jauh lebih mengingat bisnis Anda.

2. Mengajak audiens berinteraksi dengan konten

Saat ini, bisnis-bisnis besar memanfaatkan konten yang interaktif untuk bisa menjadi top of mind di target konsumen mereka. Konten interaktif seperti video, kuis, atau konten 360 derajat menjadi strategi pemasaran yang dapat menarik perhatian konsumen.

Mereka akan diajak untuk kenal lebih dekat dengan bisnis Anda. Anda juga bisa memanfaatkan konten interaktif seperti Instagram Story untuk meminta pendapat audiens mengenai produk terbaru yang akan kamu luncurkan.

Misalnya, sebuah toko pakaian lokal dapat membuat kuis “Apa gaya fashionmu?” untuk menarik minat pelanggan potensial. Konten interaktif seperti ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan, tetapi juga membantu dalam membangun kesadaran merek dan meningkatkan konversi.

Baca Juga: 5 Tips Pemanfaatan Instagram yang Efektif bagi UMKM

3. Berkolaborasi dengan influencer lokal

Apabila Anda baru saja merintis bisnis dan belum memiliki banyak budget, kamu bisa berkolaborasi dengan influencer yang ada di sekitar domisili tempat tinggal. Biasanya, influencer dengan kategori nano berjumlah followers 1.000-10.000 menawarkan rate card yang masih bisa dijangkau.

Menurut Daily Social ID, nano influencers memiliki kedekatan yang sangat erat dengan audiensnya sehingga brand atau bisnis yang bekerja sama dengan mereka bisa mendapat brand awareness yang cukup kuat.

4. Memaksimalkan pelayanan pelanggan 

Bagi sebuah bisnis, kepercayaan dan kembalinya pelanggan menjadi hal yang sangat diidam-idamkan. Hal ini menjadi bukti bahwa bisnis tersebut mampu memaksimalkan pelayanan pelanggan dari berbagai sisi, seperti interaksi, prosedur pelayanan komplain, diskon, dan lain sebagainya.

Sebagai pemilik UMKM, pengalaman pelanggan dalam berbelanja haruslah menjadi perhatian penting. Dengan menghadirkan benefit yang menguntungkan pelanggan, otomatis ini akan meningkatkan kepuasan dalam berbelanja dan kepercayaan yang jangka panjang.

5. Optimalkan pemasaran lewat direct message

Selain Instagram, Anda bisa memanfaatkan media sosial yang bersifat direct message seperti WhatsApp atau Facebook lewat Messenger. Anda bisa membuat selebaran unik yang menunjukkan produk dari UMKM yang dimiliki ke kerabat atau kenalan terdekat.

Selain itu, bergabunglah ke grup-grup yang berpotensi dapat mengenalkanmu ke konsumen di area domisilimu. Tawarkan bonus atau gratis ongkos kirim dengan minimal pembelian tertentu.

6. Membuat website yang informatif

Website adalah salah satu tools yang dapat mempermudah pelanggan dalam menentukan keputusan berbelanja mereka. Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam website gratis seperti Milkshake atau Linktree.

Tampilkan berbagai macam informasi yang mendukung pelanggan dalam melakukan transaksi mereka, contohnya display produk dalam bentuk katalog, detail harga dan penawaran khusus, kontak bisnis, dan lainnya. 

7. Optimisasi SEO dalam membuat konten pemasaran

Peran SEO masih menjadi salah satu hal yang dapat membantu UMKM untuk berkembang di dalam bisnisnya. SEO atau search engine optimization adalah upaya mengoptimalkan suatu website sehingga lebih mudah dicari di mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Mozilla, dan lainnya.

Menurut RevoU, SEO berfungsi sebagai channel pemasaran organik dalam digital marketing yang mampu untuk memberikan dampak terhadap sebuah bisnis. Kamu bisa mengirimkan artikel ke media online seperti Kompas.com atau membuat website WordPress sendiri. 

8. Memanfaatkan omnichannel dalam pemasaran

Apakah Anda sudah pernah dengar omnichannel? Dalam dunia marketing, omnichannel marketing adalah salah satu strategi untuk mengintegrasikan berbagai kanal komunikasi untuk bisa berinteraksi dengan konsumen dengan tujuan untuk menciptakan brand experience yang konsisten.

Hal ini mencakup channel fisik (toko) dan digital (websites, sosial media). Dengan menerapkan omnichannel marketing, kamu bisa menawarkan pengalaman berbelanja yang berbeda dengan bisnis lain yang belum menerapkannya.

Contoh dari omnichannel marketing adalah menawarkan layanan pembelian secara online dan pick-up di offline store. 

Melakukan semua strategi ini tentu tidak mudah, namun jelas bukan hal yang mustahil. Oleh karena itu, sediakan ruang untuk terus bereksplorasi dalam mengembangkan bisnismu, ya! Hilangkan rasa malu untuk bertanya kepada pemilik bisnis lain yang telah lebih dulu mengembangkan sayapnya di dunia kewirausahaan.

Apabila Anda membutuhkan tenaga profesional untuk membangun bisnis Anda, DIPDOP siap membantu dengan segudang strategi marketing yang ciamik!

Adinda Feriana Madani
adindamadani01@gmail.com

2 thoughts on “8 Strategi Digital Marketing untuk Sukseskan Bisnismu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *