Design Graphic Sebagai Marketing

DIPDOP > Uncategorized > Design Graphic Sebagai Marketing

Pernahkah anda tertarik saat melihat iklan di platform digital maupun di media cetak? Iklan memang merupakan salah satu alat promosi yang digunakan untuk mengingatkan calon pembeli agar membeli produk yang ditawarkan. Selain jasa desain grafis, dibutuhkan biro iklan yang tepat untuk membuat iklan yang menarik. Membuat media periklanan dan media lainnya merupakan tugas seorang desain grafis yang merancang desain dan iklan tersebut. Tetapi, ada beberapa orang yang tidak tahu peran dan fungsi dari perancang grafis. Padahal peran dari perancang design graphic sebagai marketing sangatlah penting untuk menentukan menarik atau tidaknya sebuah media promosi serta tampilan visual dari media promosi tersebut. 

Suatu desain bisa menghasilkan efektivitas yang diharapkan harus menggabungkan kombinasi kreativitas, riset pemasaran dan media. Agar suatu pesan informasi desain dapat tersampaikan oleh sekelompok sasaran yang tepat. Walaupun bagaimanapun kreatif atau rumitnya suatu desain kalau tidak sampai kepada khalayak sasaran yang dituju, maka respon yang diharapkan tidak dapat dicapai secara optimal. Sebuah desain terkadang begitu cerdiknya, sehingga senantiasa di ingat.

Peran Desain Grafis

Dalam berbagai kesempatan, memang dijumpai adanya desain yang bagus dan mengesankan, tetapi tidak sedikit pula yang hanya sekadar dibuat, sehingga tidak memiliki makna yang berdampak. 

Oleh karena itu, peran seorang desainer grafis sangat dibutuhkan, antar lain:

  • Mengkomunikasikan Pesan secara Visual
  • Konten dalam desain akan Lebih Efektif dan Efisien
  • Desainer grafis dapat menghemat waktu
  • Desainer Grafis Paham Prinsip dan Elemen Desain
  • Desainer Grafis Menentukan Desain Branding yang Baik

Peran Penting Design Grafis Dalam Pemasaran

Dalam sebuah program pemasaran, desain berperan sangat amat penting dalam tercapainya target penjualan. Desain grafis sebagai marketing bisa hadir dalam berbagai bentuk seperti : web, desain poster, brosur, flyer, banner dll. Sebuah design graphic sebagai marketing idelanya menjadi bagian dari strategi marketing yang efektif. Desain bukan hanya mengatur tata letak tulisan dan gambar dengan bagus.

1. Membuat Ilustrasi dan Media Promosi

    Ilustrasi adalah salah satu elemen yang penting dalam merancang media promosi yang menarik. Untuk mendapatkan desain media promosi yang indah, para perancang desain grafis bertanggung jawab untuk memilih dan menentukan ilustrasi yang tepat dalam memvisualisasikan sebuah produk ke dalam media promosi. Seorang desainer grafis sebagai marketing yang baik harus mempunyai ide-ide yang cemerlang untuk menentukan dan membuat ilustrasi di dalam media promosi.

    2. Bertanggung jawab dalam memadukan warna 

      Para desainer grafis harus memiliki kemampuan dalam memadu-padankan warna. Hal ini tidak mudah karena harus mempertimbangkan sisi keindahan dan kecocokan warna itu sendiri. Mereka harus mampu dalam membuat kombinasi warna yang tepat antara warna gelap dan terang agar tercipta keselarasan di dalam media promosi tersebut.

      3. Memilih Gambar dan Font

        Peran dari desainer grafis selanjutnya adalah mampu memilih gambar dan huruf yang tepat untuk menarik perhatian konsumen. Hal ini juga tak semudah seperti yang terlihat karena memang ada kemampuan khusus dalam memilih gambar dan huruf. Apabila para desainer grafis salah memilih gambar dan huruf maka akan membuat pesan dari media promosi tidak sampai kepada konsumen.

        Dalam persaingan sengit di pasar, desain grafis sebagai marketing yang menonjol membantu produk Anda membedakan diri dari pesaing, sehingga memenangkan hati konsumen. Desain grafis yang konsisten di berbagai materi promosi membantu membangun identitas merek yang kuat, sehingga menciptakan pengenalan merek yang kuat di mata pelanggan. Dengan menciptakan desain grafis yang efektif, dapat meningkatkan peluang penjualan produk, karena desain yang baik dapat mempengaruhi keputusan pembelian calon pelanggan.

        Sumber :

        Powerfull Marketing Design

        Jesica Kharisma
        jesicakharisma03@gmail.com

        Leave a Reply

        Your email address will not be published. Required fields are marked *