Membangun Hubungan Pelanggan Melalui Email Marketing

DIPDOP > Uncategorized > Membangun Hubungan Pelanggan Melalui Email Marketing

Email marketing adalah strategi pemasaran di mana pesan-pesan pemasaran dikirimkan melalui email marketing sangat relevan kepada sekelompok orang atau pelanggan potensial. Tujuan utama dari email marketing adalah untuk membangun hubungan dengan pelanggan, mempromosikan produk atau layanan, meningkatkan kesadaran merek, dan meningkatkan penjualan. Email marketing memiliki beberapa keuntungan yaitu biaya relatif rendah, kemampuan untuk mencapai audiens yang ditargetkan, dan fleksibilitas untuk mengirim pesan dengan berbagai format. Namun, perlu diketahui bahwa keberhasilan email marketing bergantung pada kualitas konten dan relevansi pesan kepada penerima.

Salah satu tips yang dapat diberikan untuk membuat email marketing menjadi menarik dengan personalisasi email. Anda dapat membangun hubungan yang lebih dalam dengan mereka dan meningkatkan tingkat engagement. Personalisasi dapat melibatkan penggunaan nama pelanggan di email, mengelompokkan daftar email Anda berdasarkan minat atau perilaku pelanggan, dan menyesuaikan konten email Anda dengan preferensi masing-masing individu.

Strategi email marketing yang menarik. Selain personalisasi, konten email marketing juga harus menarik.

1. Tawarkan rekomendasi

Ketertarikan tiap pelanggan dapat menjadi strategi yang ampuh dalam email marketing. Anda dapat menawarkan rekomendasi produk atau layanan yang relevan dengan menganalisis pembelian, riwayat pencarian, dan preferensi individu. Dengan menunjukkan bahwa Anda memahami kebutuhan dan minat calon pelanggan seperti berikan opsi atau insentif khusus untuk mendorong mereka melakukan pembelian. Berikan rekomendasi dari barang yang dibutuhkan, bisa ditawarkan paket bundling yaitu menjual beberapa produk yang berbeda dalam satu wadah kesatuan dengan harga relatif lebih murah dari total harga normal. Khususnya salah satu produk yang digabungkan tersebut dapat dipisahkan dari paket dan dapat digunakan hanya saja harga yang diberikan akan jauh berbeda dengan harga yang telah dipaketkan.

Contoh:

Anda menjual produk make up, mungkin pelanggan hanya membutuhkan eyeshadow namun bisa direkomendasikan paket bundling dengan ditambah setting spray agar make up bisa tahan seharian.  Rekomendasi ini sangat membantu suatu perusahaan/penjual untuk bisa mendapatkan keuntungan dari produk yang dibundling.

2. Segmentasikan daftar email Anda

Anda dapat membagi pelanggan menjadi beberapa grup berdasarkan kesamaan karakteristik, seperti tempat tinggal, minat, atau perilaku mereka. Strategi email marketing yang sederhana ini akan membantu Anda menghindari pengiriman pesan yang tidak relevan ke pelanggan, mengurangi risiko mereka akan “berhenti berlangganan” atau melaporkan email marketing Anda sebagai spam.

Contoh:

Anda menjual produk-produk hobi. Anda dapat mengirim email kepada pelanggan yang tinggal di Jakarta Utara saat musim hujan dan menawarkan produk-produk yang berkaitan dengan hujan dan banjir. Ini dapat membantu Anda meningkatkan metrik email, seperti open rate dan Click-Through-Rate (CTR), serta membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

3. Bubuhkan CTA yang jelas dan menarik

Melengkapi email marketing dengan tombol Click to Action (CTA) yang relevan sangat penting untuk menjadi salah satu strategi email marketing yang baik. beberapa bisnis di Indonesia sekarang bahkan menggunakan CTA yang lebih provokatif. Tombol CTA yang menarik dapat meningkatkan engagement, mendorong konversi, dan membantu Anda mencapai sasaran email marketing.

contoh bahasa berorientasi tindakan

  1. “Belanja sekarang”
  2. “Unduh panduan kami”
  3. “Catat nama saya”
  4. “Gue Nggak Mau Ketinggalan

4. Ciptakan rasa urgensi

Berikan dorong pembelian dengan bahasa yang menyiratkan kelangkaan seperti “penawaran terbatas” atau “hanya beberapa item yang tersisa”. Pilihlah font yang tepat, audiens Anda akan merasa harus segera melakukan transaksi. Strategi email marketing yang efektif ini memanfaatkan rasa FOMO (takut ketinggalan) pelanggan, yang dapat menjadi motivator yang kuat. Namun, harap diingat, Anda harus jujur dan transparan tentang urgensi penawaran, karena klaim yang menyesatkan atau salah dapat merusak kepercayaan dan kredibilitas pelanggan.

5. Pamerkan produk dan layanan Anda

Tampilkan produk Anda di email, sehingga pelanggan dapat mempelajari lebih lanjut tentang penawaran Anda. Gunakan gambar produk, deskripsi, detail harga, dan pertanyaan umum (FAQ) agar menonjol. Email marketing sangat penting dalam dunia bisnis. Selain itu, melalui pemasaran digital marketing ini dapat mencapai targer pasar yang diinginkan

Email marketing sangat penting dalam dunia bisnis. Selain itu, melalui pemasaran digital marketing ini dapat mencapai targer pasar yang diinginkan

Sumber :

Level up email marketing

Jesica Kharisma
jesicakharisma03@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *