6 Tips Gunakan Hashtag Tiktok agar Konten Bisnis Anda FYP

DIPDOP > Ceative Agency > Social Media Management > 6 Tips Gunakan Hashtag Tiktok agar Konten Bisnis Anda FYP

Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah FYP di Tiktok. Konten FYP di Tiktok memiliki penayangan yang sangat besar di berbagai negara.

Konten FYP adalah konten yang masuk di halaman For Your Page dimana halaman FYP menampilkan konten yang viral dan banyak ditonton oleh pengguna Tiktok.

Untuk membuat konten FYP, salah satunya adalah menggunakan hashtag. Penggunaan hashtag yang relevan dapat meningkatkan visibilitas konten bisnis Anda. Berikut 6 Tips Gunakan Hashtag Tiktok agar Konten Bisnis Anda FYP.

Manfaat menggunakan hashtag dalam strategi TikTok

Meningkatkan visibilitas

Menambahkan hashtag ke teks video Anda dapat membantu konten brand Anda terlihat pada pengguna TikTok yang belum mengikuti brand Anda. Saat Anda menggunakan hashtag yang relevan dengan konten video, Anda dapat menarik orang-orang yang sudah tertarik dengan topik tersebut. Misalnya, menambahkan hashtag #DIYProject dapat membantu video Anda muncul di hasil pencarian orang yang mencari hashtag tersebut.

Meningkatkan engagement

Dengan banyak audiens yang melihat konten brand Anda makan akan menghasilkan engagement rate yang lebih tinggi. Ketika audiens banyak melihat konten Anda, akan membuka peluang audiens untuk terlibat dengan konten tersebut dengan menyukai atau mengomentarinya.

Membangun komunitas

Anda dapat mendorong audiens untuk membuat video menggunakan hashtag brand Anda. Hal ini akan membangun komunitas dengan pengguna Tiktok yang senang berbagi konten yang terkait atau relevan dengan bisnis Anda.

Identifikasi kompetitor

Hashtag dari brand populer dapat membantu Anda mengetahui bisnis lain yang menggunakan hashtag tersebut. Dari hashtag brand populer, Anda dapat memeriksa profil dan konten mereka untuk membandingkan kinerja TikTok brand Anda dengan mereka.

Mendapatkan Ide Konten yang Menarik

Pencarian untuk hashtag khusus kategori akan memunculkan hasil untuk konten berkinerja terbaik yang relevan dengan hashtag tersebut. Hasil konten dengan kinerja terbaik dapat menjadi referensi Anda untuk membuat konten yang sesuai dengan target audiens Anda.

Menemukan influencer yang relevan

Pencarian hashtag Tiktok bisa Anda gunakan untuk mencari influencer yang berpengaruh dalam membuat konten yang sesuai dengan brand Anda.

Ikuti tren

Saat Anda membuat konten berdasarkan hashtag yang sedang tren, akan meningkatkan kemungkinan besar konten Anda akan muncul di halaman Discovery Page. Hal ini juga bisa meningkatkan visibilitas konten Anda dan mendapatkan lebih banyak pengikut TikTok.

Cara menemukan hashtag TikTok yang tepat

Untuk menemukan hashtag yang sedang tren di negara Anda, Anda bisa menggunakan Trend Discovery TikTok. Trend Discovery Tiktok dapat menemukan data nyata tentang popularitas hashtag berdasarkan jumlah, industri, dan wilayahnya.

Selain itu, Anda bisa menemukan hashtag yang tepat untuk TikTok Anda secara manual sebagai berikut:

Buka TikTok, klik tombol pencarian di kanan atas layar, dan ketik kata kunci yang ingin Anda cari. Misalnya, jika Anda ingin membuat video memasak yang memamerkan suatu resep, Anda bisa mencari kata kunci “ide resep”. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak niche, carilah kata kunci yang khusus untuk jenis resep seperti resep sehat atau resep pemula.

Hashtag yang terkait dengan kueri Anda akan ditampilkan di bagian “Hashtag”. Gulir hasilnya untuk melihat semua hashtag yang terkait dengan kata kunci Anda. Jumlah penayangan hashtag juga akan ditampilkan di samping masing-masing hashtag.

Periksa konten apa yang dibuat dengan hashtag itu. Amati berapa banyak suka, komentar, dan penayangan video tersebut, serta pembuat konten mana yang berulang kali muncul di bawah hashtag tersebut.

Tips memaksimalkan hashtag TikTok

Teliti hashtag yang relevan

Luangkan waktu untuk mengamati hashtag terbaik untuk konten Anda. Cari hashtag yang relevan dengan niche, tema, atau topik konten yang ingin Anda bagikan dan pastikan hashtag tersebut masih digunakan secara aktif oleh komunitas TikTok.

Gunakan campuran hashtag populer dan niche

Menggunakan hashtag populer dan niche dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas sekaligus dapat menargetkan pengguna Tiktok tertentu agar tertarik dengan konten Anda. Semakin banyak niche sebuah hashtag, semakin sedikit konten yang mungkin Anda lihat di bawahnya. Hal ini bagus untuk penemuan konten karena persaingannya lebih sedikit.

Tetap up-to-date

Amati hashtag yang sedang tren di negara Anda dan gunakan hashtag yang relevan dengan tren tersebut.

Batasi jumlah hashtag

Menggunakan terlalu banyak hashtag dapat mengurangi kualitas konten Anda. Sebaiknya Anda gunakan 4-6 hashtag yang relevan dengan video, pertahankan campuran hashtag yang sedang tren dan niche.

Mulai tantangan atau kompetisi TikTok untuk meningkatkan hashtag bermerek Anda

Konten Challenge memiliki pengaruh yang besar untuk meningkatkan visibilitas di platform. Buat hashtag dengan nama brand Anda agar audiens dapat berpartisipasi. Semakin banyak orang membuat konten hastag brand Anda, semakin besar peluang untuk menarik pengguna TikTok lainnya berpartisipasi dalam challenge. Anda bisa mempertimbangkan untuk bekerjasama dengan influencer untuk mengikuti challenge brand Anda.

Gunakan #ForYou, #ForYouPage atau #FYP dengan hati-hati

Ketiga hashtag tersebut pasti menjadi hal yang tidak asing untuk pengguna Tiktok. Ketiga tagar tersebut memiliki penanyangan gabungan mencapai triliunan. Tentu hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh pengguna Tiktok dengan tujuan meningkatkan visibilitas konten mereka.

Dan karena hashtag tersebut sangat kompetitif di Tiktok, sebaiknya Anda jangan terlalu mengandalkan untuk promosi produk. Berikan prioritas pada hashtag khusus dan trending yang menawarkan peluang visibilitas lebih banyak. Kemudian Anda bisa coba untuk bereksperimen dengan hashtag #ForYou, #ForYouPage, atau #FYP untuk melihat apakah ada perbedaannya.

Itulah penjelasan mengenai 6 Tips Gunakan Hashtag Tiktok agar Konten Bisnis Anda FYP. Tingkatkan performa media sosial bisnis Anda dengan menggunakan hashtag yang relevan dengan bisnis Anda melalui layanan social media management DIDPOP. Hubungi DIPDOP sekarang juga.

Sumber :

https://buffer.com/library/tiktok-hashtags/

https://sproutsocial.com/insights/tiktok-hashtags/

operator
chrismasopy.inc@gmail.com

One thought on “6 Tips Gunakan Hashtag Tiktok agar Konten Bisnis Anda FYP”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *