5 Tips untuk Masuk FYP di Tiktok bagi UMKM

DIPDOP > Ceative Agency > Content Creator > 5 Tips untuk Masuk FYP di Tiktok bagi UMKM
Tips masuk FYP di TikTok

Dengan melesatnya kepopuleran TikTok di Indonesia dengan total pengguna lebih dari 106,52 juta menurut We Are Social, peluang bisnis untuk mendapat keuntungan tentu menjadi jauh lebih besar dan cepat.

Sehingga, sudah menjadi hal yang lumrah apabila Anda menemui berbagai macam jenis content creator atau pembuat konten mulai dari gamer online, pemilik bisnis kuliner, local business, hingga chef

Semakin hari, semakin banyak content creator yang membuat konten dengan kualitas baik agar kontennya masuk ke FYP di Tiktok. Hal ini tentu menjadi persoalan yang kompleks karena untuk bisa masuk ke FYP di TikTok memerlukan usaha yang tidak sedikit. 

Namun, hal itu juga sebanding dengan perkembangan yang akan didapatkan, seperti jumlah followers yang bertambah, kesempatan untuk menjadi affiliator dengan keuntungan yang lumayan, dan sebagainya.

Nah, bagi Anda yang memiliki bisnis kecil atau UMKM khususnya dalam bidang kuliner, bisnis Anda akan berpeluang untuk berkembang lebih pesat dengan bantuan TikTok.

Pengertian FYP

Bagi yang belum familiar, FYP yang ada di TikTok adalah kependekan dari ‘For You Page’, yakni urutan video rekomendasi yang muncul pertama kali saat membuka aplikasi Tiktok.

Video-video di FYP biasanya berkesempatan untuk menjadi video yang viral. Perlu diketahui, FYP berbeda dengan halaman Following.

Artinya, di halaman Following, video yang muncul berasal dari akun yang kita ikuti, bukan 

Sedangkan di FYP, video yang muncul ditentukan oleh popularitas dan algoritma Tiktok. Ini berarti video di FYP bisa bermacam-macam, tergantung pada preferensi konten yang telah Anda tentukan. 

Agar UMKM Anda bisa lebih berkembang, mari simak bersama tips agar video Anda bisa masuk FYP di TikTok! 

Tips Agar Video Masuk FYP di TikTok

  1. Perhatikan Konten yang FYP
  2. Gunakan Sound yang Viral
  3. Ikuti Challenge dengan Niche Serupa
  4. Poles Video hingga Berkualitas Bagus
  5. Lakukan Variasi Konten 

1. Perhatikan Konten yang FYP

Apabila Anda belum pernah menggunakan Tiktok, Anda perlu untuk mencari secara detail dan memperhatikan jenis-jenis konten kuliner yang sering FYP.

Anda bisa mencarinya dengan hashtag-hashtag yang selaras seperti #tipskuliner #resepmasak, dan sebagainya. 

Setelah melihat berbagai konten yang FYP, Anda perlu memperhatikan persamaan dan perbedaan dari konten tersebut. Biasanya, pengguna Tiktok akan memperhatikan 3 detik pertama di setiap video.

Apabila konten tersebut menarik di 3 detik pertama, maka biasanya mereka akan melihatnya sampai akhir. 

2. Gunakan Sound yang Viral

Pada saat akan mengunggah video yang sudah Anda buat, jangan lupa untuk menggunakan audio atau sound yang sedang nge-tren saat ini. Hal ini akan menambah kemungkinan video atau akun Anda untuk masuk ke halaman FYP. 

Caranya, Anda perlu masuk ke halaman “Discover” dan akan menemukan hashtags yang sedang trending. Nah, Anda bisa memilih audio yang digunakan oleh para konten kreator yang menggunakan hashtags tersebut.

3. Ikuti Challenge dengan Niche Serupa

Untuk menambah potensi akun Anda dipromosikan oleh Tiktok ke dalam halaman FYP, Anda bisa mengikuti kontes atau kompetisi dari Tiktok yang memiliki niche serupa.

Niche adalah segmen pasar yang spesifik atau kelompok tertentu dari konsumen yang memiliki kebutuhan, keinginan, atau masalah yang serupa.

Di bulan Ramadhan tahun ini, Tiktok mengadakan challenge #SerunyaBerbagi untuk meramaikan nikmatnya berpuasa.

Nah, Anda bisa melakukan promosi bisnis UMKM kuliner dengan cara membuat produk kuliner untuk dibagikan ke lingkungan sekitar dengan menggunakan hashtag tersebut. Tentunya, perlu direkam dengan baik dan diedit sehingga videonya lebih keren ya!

4. Poles Video hingga Berkualitas Bagus

Kualitas video yang bagus, jernih, dan tidak bergoyang-goyang menjadi salah satu kunci pendukung supaya konten Anda dapat dipromosikan ke halaman FYP menurut algoritma Tiktok. Saat ini, sudah terdapat banyak aplikasi di HP yang bisa mendukung Anda untuk mengedit video.

Contohnya, Capcut, Alight Motion, VN, dan Tiktok sendiri. Yup! Anda bahkan bisa mengedit video langsung dari Tiktok tanpa menggunakan aplikasi bawaan lainnya. Selain itu, ada aplikasi yang bisa Anda pakai di laptop untuk mengedit video dengan lebih profesional lagi, yaitu Adobe Premier Pro.

5. Lakukan Variasi Konten

Hal penting terakhir yang perlu Anda pertimbangkan adalah melakukan variasi konten. Sebaiknya, di dalam seminggu perlu ada 2-3 variasi dalam membuat konten. Apabila Anda membuat konten dua hari sekali, di dua hari pertama Anda bisa membuat konten resep masakan, dua hari kedua Anda bisa menggantinya dengan tips dan trik dalam mengemas sayuran, dan dua hari terakhir Anda dapat mempromosikan bisnis kuliner Anda. 

Dengan begitu, pengguna Tiktok yang melihat akun Anda tidak merasa bosan dengan isi dari akun Anda dan berujung mengikuti Anda tanpa harus menggunakan bantuan lain seperti giveaway atau endorsement. 

Selain tips-tips di atas, Anda bisa melihat tips untuk memaksimalkan penggunaan hashtag di sini.

Dengan memanfaatkan teknologi dan sosial media yang semakin berkembang di era sekarang, Anda dapat mengembangkan bisnis yang Anda miliki dengan lebih cepat karena jangkauannya yang tak terbatas. 

Anda tidak harus bisa dalam satu bulan pertama, namun dengan konsistensi, tentu Anda akan merasakan sendiri perkembangan bisnis yang Anda miliki. Anda juga bisa meminta bantuan orang lain apabila Anda belum terlalu mahir dalam mengoperasikan Tiktok. 

Jangan lupa untuk terus belajar dan bereksperimen, ya! 

Adinda Feriana Madani
adindamadani01@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *