Kenali Perbedaan Logo dan Brand dalam Bisnis

DIPDOP > Ceative Agency > Design Service > Kenali Perbedaan Logo dan Brand dalam Bisnis
Perbedaan logo dan brand

Perbedaan logo dan brand menjadi hal penting untuk dibahas karena keduanya menjadi elemen penting bagi sebuah bisnis.

Sebuah bisnis atau brand akan dengan mudah dibedakan hanya dengan memperhatikan logo atau brand yang mereka miliki. Keduanya merupakan hal yang saling berkesinambungan dan menjadi nyawa sebuah perusahaan untuk mencapai keuntungan.

Namun, sering kali logo dan brand dipersepsikan sebagai hal yang sama. Padahal, terdapat perbedaan yang cukup jelas antara logo dan brand.

Di artikel kali ini, kita akan membahas mengenai perbedaan dari logo dan brand. Kita akan mulai dari pemahaman terkait keduanya terlebih dahulu.

Pengertian Brand

Brand atau merek adalah sebuah ide atau persepsi yang terlintas di pikiran konsumen atau publik saat mereka memikirkan pelayanan dan/atau produk sebuah perusahaan. Brand sendiri menjadi citra atau wajah dari perusahaan yang berusaha untuk dibangun.

Ide atau persepsi ini terbangun melalui elemen-elemen seperti nama, logo, simbol, atau penanda lain yang membedakan produk/pelayanan perusahaan dengan kompetitor lainnya.

Secara jenis, brand terbagi menjadi 3 tipe.

  1. Personal Brand atau Merek Personal. Personal brand diartikan dengan identitas unik yang dimiliki setiap individu dan ini membedakan mereka dari individu yang lain. Hal ini bisa dibangun lewat sosial media dengan berbagai macam kecanggihannya.
  2. Product Brand atau Merek Produk. Setiap produk tentu memiliki ciri khas yang berbeda dan digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen yang memiliki kesamaan tertentu. Inilah yang disebut dengan product brand.
  3. Corporate Brand atau Merek Perusahaan. Dengan masifnya pergerakan bisnis, setiap perusahaan perlu untuk memiliki citra yang berbeda dengan kompetitornya. Corporate brand ini juga tidak jauh berbeda dengan jenis yang lain.

Dalam membangun brand, proses untuk menciptakan dan mempertahankan identitas tersebut dinamakan branding.

Proses Membangun Brand

Branding adalah bagian dari pemasaran yang memberi perusahaan identitas unik untuk menarik konsumen sasarannya.

Misalnya, branding sebuah perusahaan mainan mungkin berkisar pada identitas yang menyenangkan dan berjiwa muda untuk menarik perhatian anak-anak, sedangkan branding sebuah firma hukum mungkin menggunakan identitas formal dan profesional untuk menekankan kemampuannya.

Branding juga lebih dari sekadar kepribadian. Brand dapat memposisikan dalam suatu pasar dengan menyatakan bahwa produk mereka lebih unggul atau memanfaatkan kesuksesan masa lalu.

Selain itu, branding dapat digunakan untuk mendominasi sektor pasar tertentu misalnya, dapat memposisikan produk Anda sebagai versi produk lain yang lebih hemat biaya, dan menargetkan konsumen yang tidak mampu membeli produk asli.

Strategi branding lainnya meliputi:

  1. jenis produk
  2. kemasan produk
  3. bahan dan praktik bisnis (misalnya, menggunakan bahan ramah lingkungan)
  4. penetapan harga
  5. pernyataan misi dan nilai-nilai
  6. warna dan visual yang disusun di setiap kanal pemasaran
  7. nada suara dalam copywriting: iklan, media sosial, salinan situs web, blog, dll.
  8. maskot dan slogan
  9. pengalaman pengguna dan perjalanan pelanggan
  10. pengalaman di dalam toko
  11. pelayanan pelanggan

Pada dasarnya, setiap interaksi yang dilakukan perusahaan dengan konsumennya merupakan peluang untuk memajukan brandingnya. Tujuan dari branding adalah untuk memberikan kesan yang baik kepada audiens tertentu karena kesan yang baik akan menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Pengertian Logo

Secara teknis, logo adalah lambang atau simbol untuk mewakili suatu perusahaan berdasarkan branding yang tercipta. Namun karena konsumen mengasosiasikan ciri-ciri suatu logo dengan ciri-ciri perusahaan, maka logo juga dapat membujuk dan mempengaruhi opini orang terhadap perusahaan tersebut

Jika Anda dapat memengaruhi cara orang menafsirkan merek Anda sejak pertama kali mereka melihat logo Anda, Anda akan mendapatkan langkah awal dalam menciptakan pelanggan setia dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, penting bagi sebuah bisnis atau perusahaan untuk memiliki logo yang profesional dan menonjolkan ciri khas yang ingin dibangun.

Perbedaan Logo dan Brand

Secara garis besar, logo merupakan elemen yang penting dalam membangun sebuah brand karena logo berfungsi sebagai terjemahan visual dalam bentuk simbol (huruf, dan bentuk) dari brand tersebut.

Sehingga, logo dapat diartikan sebagai salah satu substansi dan brand merupakan sistem yang terintegrasi yang di dalamnya terdapat berbagai macam substansi.

Logo menjadi salah satu bagian terpenting dari branding, namun logo bukan satu-satunya bagian dari branding. Strategi branding yang lengkap tidak hanya mencakup logo tetapi juga seluruh jangkauan publik.

Namun, sulit untuk memisahkan logo dari branding karena logo perlu untuk berkorespondensi dengan citra yang ingin dibangun. Desain logo secara langsung mencerminkan kepribadian merek.

Cerminan dari brand terletak pada penentuan warna, bentuk, dan tipografi tertentu yang nantinya akan membangkitkan emosi tertentu pada pemirsanya. Nantinya, logo akan menjadi penentu dari bagaimana merek ditafsirkan di persepsi pembeli.

Jika brand secara keseluruhan adalah kepribadian perusahaan, maka logo adalah hal pertama yang Anda pikirkan. Itu bukan satu-satunya ciri khas seseorang, tapi ini yang paling menonjol.


Ingatlah bahwa logo adalah bagian dari brand dan bukan sebaliknya. Anda harus selalu menjawab pertanyaan besar tentang persepsi apa yang hendak Anda bangun terhadap bisnis Anda sebelum Anda memikirkan tentang desain logo Anda.

Anda ingin menjadi siapa sebagai sebuah merek menentukan apa logo Anda. Sehingga, ketika pelanggan melihat logo Anda, mereka akan tahu persis jenis merek Anda.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan logo dan branding. Jika Anda masih bingung bagaimana membuat branding yang bagus untuk bisnis Anda, hubungi DIPDOP sekarang juga untuk dapatkan layanan design service untuk bisnis Anda.

Sumber:

Logo vs. branding: what’s the difference between a logo and branding?

The Difference between Logo Design and Branding

Brand: Types of Brands and How to Create Successful Brand Identity

operator
chrismasopy.inc@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *