Bongkar Marketing Grab

DIPDOP > Ceative Agency > Content Marketing > Bongkar Marketing Grab

Kisah sukses Anthony Tan dalam mendirikan Grab adalah salah satu cerita inspiratif yang patut dicontoh bagi banyak orang terutama sebagai pendiri dan marketing Grab. Lahir di Malaysia dari keluarga yang sudah sukses, Anthony memiliki dasar yang kuat untuk memulai perjalanan bisnisnya. Ayah dan ibunya adalah pebisnis ulung yang bahkan masuk dalam daftar orang terkaya di Malaysia pada tahun 2015. Dalam keluarganya, semangat berwirausaha sudah tertanam dalam darah. Pendidikan Anthony di Harvard juga menjadi modal berharga dalam membangun karirnya. Ia meraih gelar master dari Harvard School pada tahun 2011, yang memberinya pengetahuan, koneksi, dan wawasan yang diperlukan untuk sukses dalam bisnis. Dalam pengalaman pendidikan tersebut, Anthony mungkin telah menemukan inspirasi untuk mengambil langkah besar berikutnya dalam hidupnya.

Pada tahun 2012, perusahaan Myteksi pertama kali didirikan oleh Anthony Tan, dengan markasnya terletak di Singapura. Pilihan lokasi ini tidak kebetulan. Anthony memiliki visi untuk menyediakan layanan taksi tidak hanya di Malaysia tetapi juga di Singapura. Keberadaannya di Singapura membantu Grab untuk lebih cepat dikenal oleh masyarakat luas. Dalam perjalanannya, Anthony tidak hanya terfokus pada pengembangan produknya, tetapi juga pada pengumpulan dana yang diperlukan untuk pertumbuhan bisnisnya. Vertex Venture Holdings, sebuah perusahaan dari Singapura, memberikan pendanaan sebesar 10 juta dolar untuk membantu pengembangan Grab sebagai perusahaan Decacorn. Ini adalah langkah penting dalam mengukuhkan posisi Grab sebagai salah satu pemimpin di industri transportasi online. Dengan berbagai perubahan dan inovasi, nama perusahaan ini juga mengalami transformasi dari Myteksi menjadi Grab Taxi, dan akhirnya hanya “Grab.” Ini mencerminkan fokus marketing Grab yang tidak hanya pada taksi tetapi juga pada berbagai layanan transportasi online lainnya.

5 strategi marketing yang bisa dilakukan oleh transportasi online termasuk Grab

1.Mengutamakan Konsumen

Konsumen harus diperhatikan dengan baik termasuk permintaanya akan layanan yang diberikan. Dari konsumen, pelaku bisnis bisa mendapatkan keuntungan dan mengembangkan bisnisnya. Pelaku bisnis transportasi online harus menganggap konsumen sebagai rekan atau tim. Sehingga konsumen merasa nyaman dengan pelayanan yang ramah dan tetap fokus untuk memenuhi permintaan konsumen. Konsumen harus menjadi prioritas utama untuk meningkatkan kualitas layanan Grab.

2. Tarif Jelas dan Sesuai

Sebagai layanan transportasi online, tarif menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Pelaku bisnis harus memberikan informasi yang jelas mengenai tarif yang ditetapkan. Sehingga pelanggan merasa yakin dan tidak gelisah akan harga atau tarif yang sudah diberikan. Di era milenial ini, konsumen pasti melakukan observasi terlebih dahulu sebelum memilih layanan transportasi online. Mereka cenderung memilih yang memberikan tarif terjangkau sebelum melakukan transaksi. Sehingga Grab harus memberikan layanan marketing yang tepat untuk memanfaatkan kondisi.

3. Pengguna Layanan Pengiriman

Menyediakan layanan pengiriman makanan, barang, dan berbagai layanan on-demand lainnya. Target audiens di sini adalah mereka yang ingin memesan makanan atau barang dari restoran atau toko tertentu dan ingin pengiriman yang cepat dan nyaman. Layanan harus terus diperbaharui dan disempurnakan dengan maksimal. Sehingga dapat mengenalkan model bisnis baru yang trend dan diterima oleh masyarakat. Hal ini membuat konsumen tertarik untuk menggunakan layanan marketing Grab sebagai transportasi online.

4. Fokus Terhadap Evaluasi

Setiap bisnis, sebesar atau sekecil apapun, pasti akan menghadapi tantangan dan kegagalan dalam perjalanan mereka. Bagaimanapun juga, kegagalan adalah bagian alami dari proses pembelajaran dan pertumbuhan. Untuk perusahaan layanan transportasi online seperti Grab, terus berinovasi dan meningkatkan layanan mereka adalah kunci untuk tetap relevan dan memuaskan kebutuhan konsumen yang terus berubah. Dalam hal ini, evaluasi dan umpan balik dari pelanggan memainkan peran yang sangat penting.

Baca Juga : Design Graphic Sebagai Marketing

5. Peka Terhadap Kebutuhan Pasar

Kondisi pasar sangat mempengaruhi peningkatan layanan bisnis. Pelaku bisnis harus peka terhadap kebutuhan pasar saat ini agar dapat membangun bisnis yang tepat. Oleh karena itu, peran seorang owner sangat penting untuk membawa perusahaan ke arah kesuksesan. Diperlukan juga kerjasama tim yang baik untuk menentukan arah perusahaan. Saat ini teknologi semakin canggih sehingga kondisi pasar menjadi berubah dan lebih banyak menggunakan layanan internet. Sehingga peluang bisnis online menjadi lebih besar dan tinggi. Hal ini memberikan peluang untuk terus berkembang bahkan membuka lapangan kerja bagi masyarakat untuk menjadi seorang driver online. Sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak orang tidak hanya konsumen dan pelaku bisnis saja. Konsumen lebih memilih transportasi online karena pelayananya yang lebih hemat dan efektif. Dengan memperhatikan strategi marketing Grab dengan melihat kondisi pasar, bisnis bisa berjalan dengan lancar dan terus meningkat.

Jesica Kharisma
jesicakharisma03@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *