Kenali Cara Mengoptimalkan Halaman Vital Website Anda

DIPDOP > Ceative Agency > Website Development > Kenali Cara Mengoptimalkan Halaman Vital Website Anda
Gambar dari Freepik

Halaman website mana yang sering anda kunjungi dalam website? Homepage, Blog Page atau Contact Us?

Setiap halaman website tersebut memiliki perannya masing-masing tetapi halaman tersebut selalu mempunyai satu tujuan yaitu memberikan informasi kepada pengunjung.

Website menjadi salah satu platform yang dapat meningkatkan website. Dengan mengoptimalkan halaman penting yang ada di website, maka akan memudahkan pengunjung dalam mencari informasi dan melakukan pembelian sehingga dapat meningkatkan konversi penjualan. Berikut cara mengoptimalkan halaman vital website Anda.

Apa Itu Pengoptimalan Website?

Pengoptimalan website adalah serangkaian tindakan yang dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna, traffic, dan konversi penjualan.

Halaman Web Penting untuk Mengoptimalkan Konversi

Homepage

Homepage merupakan halaman pertama yang dikunjungi website saat pertama kali berkunjung. Hal ini tentu dapat memperkuat kesan pertama bisnis Anda di mata pengunjung. Dengan membuat homepage yang mempunyai kesan kuat, dapat membuat pengunjung bertahan lebih lama di website.

Homepage sebagai halaman pertama di website juga mempunyai peran sebagai alat navigasi untuk pengunjung. Maka, buatlah judul, desain, visual, dan Call To Action yang sesuai untuk memandu pengunjung ke halaman berikutnya.

About Page

About Page adalah halaman yang biasanya berisi sejarah singkat perusahaan, visi misi, deskripsi singkat perusahaan, dan beberapa testimoni klien yang berdampak. About Page sangat berguna untuk calon pengunjung, investor, atau kompetitor untuk mempelajari lebih banyak informasi tentang perusahaan Anda.

Blog Page

Blog page adalah halaman yang menampilkan postingan artikel-artikel yang berisi informasi dengan urutan postingan terbaru yang muncul paling atas. Blog Page sangat efektif untuk memberikan informasi, promosi produk, dan mengajak pengunjung berlangganan. Artikel yang informatif yang ditampilkan di blog page dapat dapat menjawab pertanyaan pengunjung, sekaligus Anda bisa memberikan informasi produk Anda sebagai pilihan solusi mereka.

Contact Us Page

Contact Us Page merupakan halaman yang berisi tentang kontak bisnis Anda seperti alamat, nomor telepon, dan alamat email. Halaman tersebut sangat bermanfaat jika ada pengunjung yang ingin bertanya terkait bisnis dan produk Anda. Halaman Contact Us Page tentu akan memudahkan mereka untuk menghubungi Anda serta meningkatkan User Experience saat menelusuri website Anda.

Anda bisa memberikan formulir pertanyaan untuk memudahkan mereka dalam bertanya dan memberikan kritik dan saran pada produk Anda. Selain itu, Anda bisa menambahkan Frequently Ask Questions di halaman tersebut agar pengunjung menemukan jawaban dari pertanyaan mereka.

Cara Mengoptimalkan Halaman Website

Memberikan Informasi yang Dicari Pengunjung

Saat pengunjung berada di website Anda, mereka mencari tahu informasi tentang brand Anda maupun produk yang Anda jual. Oleh karena itu, Anda harus mengoptimalkan halaman website Anda dengan memberikan informasi yang dicari oleh pengunjung.

Lakukan pengoptimalan website dengan berfokus pada pengunjung. Mengapa mereka ada di halaman ini? Untuk menjawab pertanyaan ini secara efektif, berikut beberapa fakta yang harus diketahui terlebih dahulu:

Dari mana asalnya? Idenya di sini adalah untuk memahami bagaimana pengguna sampai ke situs Anda, sehingga Anda dapat memberikan konten yang relevan.

Apakah mereka berasal dari mesin pencari? (Jika ya, apa yang mereka cari untuk menemukan Anda?)

Email? (Email jenis apa? Siapa yang mengirimkannya?)

Referensi di situs web lain? (Situs apa itu? Sudah berapa lama situs tersebut merujuk ke URL Anda?)

Apa yang perlu mereka ketahui? Satu halaman dapat menyampaikan informasi dalam jumlah terbatas, jadi Anda perlu menentukan informasi apa yang akan disampaikan.

Identifikasi Tujuan bagi Pengunjung Setelah Menemukan Informasi

Salah satu komponen penting dalam halaman web adalah ajakan bertindak (CTA) untuk membuat mereka melakukan tindakan seperti menghubungi kontak bisnis Anda atau melakukan pembelian produk.

Tujuan dari halaman beranda atau halaman produk bukanlah untuk dikunjungi dan ditinggalkan oleh pengguna tetapi sebagai navigasi pengunjung saat mereka ingin ke halaman yang dituju. Oleh karena itu, saat mengoptimasi website selalu fokus pada tujuan pengunjung setelah menemukan informasi yang dicari.

Tips Mengoptimalkan Setiap Halaman

1. Homepage

Gunakan judul yang besar dan tempatkan informasi terpenting di bagian depan dan tengah. Homepage dengan CTA berbeda dapat mempermudah pengunjung untuk memilih halaman yang dituju. Buat tombol CTA besar dan mudah diklik.

Buat Menu Navigasi Jelas. Homepage harus disertai menu navigasi untuk menemukan halaman yang ingin dituju. Oleh karena itu, Anda harus membuat menu navigasi dengan sangat jelas.

2. About Us Page

Sampaikan informasi paling penting dan relevan di bagian atas. Berikan jawaban pertanyaan mereka tanpa membuat mereka menggulir halaman.

Sertakan setidaknya satu CTA untuk meningkatkan keterlibatan pengunjung di website.

3.Blog

Berikan informasi di blog Anda dengan jelas, dan pastikan informasi tersebut sesuai dengan alasan pengguna mengunjungi blog Anda. Anda bisa mengatur kategori di halaman beranda blog, seperti “terbaru”, “paling populer”, atau bentuk kategorisasi lainnya.

Sertakan CTA yang memudahkan pengguna untuk berlangganan blog, mendownload resource gratis, dan lainnya.

Berikan CTA dalam desain blog Anda sehingga muncul di setiap postingan blog. Letakkan CTA di sidebar, footer, dan di tempat lain agar tombol CTA mudah dilihat.

4. Contact Us Page

Letakkan informasi yang dicari pengguna di bagian atas. Berikan alamat email, nomor telepon, formulir kontak, peta, alamat surat, dan sebagainya.

Gunakan CTA yang memungkinkan pengunjung menghubungi Anda dengan mudah. Jadikan CTA benar-benar jelas, dan buat kalimat yang ajakan untuk melakukan tindakan, seperti “Hubungi Sekarang”.

Itulah penjelasan mengenai cara mengoptimalkan halaman vital website Anda. Dengan mengoptimalkan halaman vital website, website Anda akan memudahkan pengunjung dalam menggunakan website Anda. Oleh karena itu, hubungi DIPDOP sekarang juga untuk dapatkan layanan website development yang berkualitas untuk website Anda. Optimalkan website Anda bersama DIPDOP.

Sumber:

https://blog.hubspot.com/marketing/optimize-important-website-pages

https://firstsiteguide.com/what-is-blog/

operator
chrismasopy.inc@gmail.com

One thought on “Kenali Cara Mengoptimalkan Halaman Vital Website Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *