Cara Membuat Halaman FAQ Efektif untuk Website Anda

DIPDOP > Ceative Agency > Website Development > Cara Membuat Halaman FAQ Efektif untuk Website Anda
Gambar dari Freepik

Membuat halaman FAQ menjadi salah satu hal penting apabila Anda hendak melakukan optimisasi website untuk bisnis online Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Website dengan Mudah

Bagaimana cara melakukan pembayaran? Bagaimana cara mengecek status pesanan? Metode pembayaran apa saja yang tersedia?

Ketiga kalimat pertanyaan tersebut sering terlihat di halaman Frequently Asked Questions (FAQ) toko online. Halaman FAQ selalu memuat beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan.

Untuk membuat halaman FAQ tidak hanya berfokus pada pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan, melainkan Anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting seperti fitur produk, karakter bisnis. Tidak hanya itu, masih ada hal penting lainnya yang harus Anda ketahui dalam membuat halaman FAQ. Berikut penjelasan mengenai apa itu halaman FAQ dan cara membuat halaman FAQ yang efektif.

Pengertian Halaman Frequently Ask Questions

Halaman FAQ adalah halaman di website Anda yang memuat beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh pelanggan beserta jawabannya. Dengan adanya halaman FAQ, pelanggan akan lebih mudah mencari jawaban dari pertanyaan umum yang sering ditanyakan pelanggan serta merasa nyaman saat menggunakan website Anda, dan dapat meningkatkan pengunjung di website Anda.

Cara Membuat Halaman FAQ yang Efektif

  1. Identifikasi FAQ
  2. Pilih brand voice
  3. Kategorikan pertanyaan
  4. Rancang halaman FAQ
  5. Tambahkan tombol berbagi
  6. Fokus pada SEO
  7. Berikan kontak bisnis
  8. Terbitkan halaman FAQ
  9. Perbarui informasi FAQ

1. Identifikasi FAQ

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat halaman FAQ adalah membuat daftar pertanyaan yang ingin Anda jawab. Daftar pertanyaan yang dibuat harus mencakup pertanyaan paling umum yang sering ditanyakan oleh pelanggan tentang produk atau layanan Anda.

Anda bisa mengumpulkan daftar pertanyaan dari interaksi dengan pelanggan Anda sebelumnya, seperti panggilan telepon, email, atau komentar yang ada di media sosial. Dengan cara tersebut akan memberikan gambaran tentang kategori dan pertanyaan apa yang perlu disertakan di halaman FAQ Anda.

FAQ kompetitor Anda juga bisa menjadi ide untuk menentukan pertanyaan apa yang dimasukkan ke dalam daftar pertanyaan. Selain itu, hal-hal yang ingin Anda soroti tentang bisnis Anda seperti kekuatan bisnis, fitur produk, dan topik lainnya yang ingin disoroti juga menjadi ide bagus untuk halaman FAQ Anda.

Informasi yang harus Anda masukkan ke halaman FAQ Anda bisa sebanyak yang Anda inginkan. Pastikan untuk membuat daftar pertanyaan yang urut dan rapi agar pengunjung website nyaman dalam mengunjungi halaman FAQ

2. Pilih brand voice

Brand voice Anda dapat memandu pendekatan Anda dalam berkomunikasi dengan pelanggan di halaman FAQ Anda. Gunakan brand voice yang sesuai dengan target audiens dan karakter bisnis Anda. Apakah profesional, santai, atau casual?

Usahakan agar teks FAQ Anda jelas, ringkas, dan mudah dipahami, tanpa terlalu banyak istilah rumit yang menyulitkan pengunjung Anda. Jawaban singkat dan “to the point” lebih nyaman untuk dibaca dibandingkan memberikan jawaban yang panjang.

3. Kategorikan pertanyaan

Membagi konten pertanyaan di halaman FAQ Anda akan membantu pengunjung dalam mencari pertanyaan yang ingin mereka cari, dan mencari pertanyaan lainnya tentang produk Anda yang belum terpikirkan oleh mereka.

Setelah Anda mengkategorikan konten Anda, buat topik dan subtopik ke dalam urutan yang sesuai. Buatlah daftar pertanyaan dari yang paling sering hingga yang lebih spesifik.

4. Rancang halaman FAQ

Berikut beberapa tip desain web untuk halaman FAQ Anda:

Prioritas pertama Anda adalah mendesain halaman yang bersih dan mudah dinavigasi. Buatlah halaman FAQ yang bersih, profesional, dan mudah dibaca untuk meningkatkan user experience pengunjung dalam menelusuri informasi dalam halaman FAQ.

Opsi template ini dapat disesuaikan sepenuhnya, dan mencakup tiga opsi:

  • Perluas: Daftar pertanyaan ditampilkan di website Anda dengan mengklik pertanyaan untuk melihat jawabannya.
  • Klasik: Pertanyaan dan jawaban ditampilkan bersamaan di halaman FAQ website Anda.
  • Garis: Pertanyaan disusun dalam garis horizontal, pengunjung harus mengklik pertanyaan untuk melihat jawabannya.

Setelah strukturnya siap, tambahkan pertanyaan dan jawaban Anda ke halaman sesuai dengan urutan dan kategori yang Anda buat.

Perhatikan juga detail yang lebih kecil, seperti font, warna, dan ukuran teks apakah sudah sesuai. Hal ini untuk melengkapi keseluruhan desain situs web Anda.

Untuk meningkatkan user experience, tambahkan bilah pencarian ke halaman Anda. Ini akan membantu pengunjung dalam mencari pertanyaan atau hal lainnya. Selain itu, pengunjung dapat menghemat waktu karena mereka cukup mengetikkan kata kunci atau kueri spesifik pada bilah pencarian.

5. Tambahkan tombol berbagi

Dengan menambahkan tombol sosial ke halaman FAQ Anda, pengunjung dapat membagikan pertanyaan dan jawaban yang ditampilkan di halaman FAQ kepada teman mereka di media sosial.

Selain itu, menggunakan FAQ yang dapat dibagikan saat mereka berinteraksi dengan teman mereka dapat meningkatkan traffic website Anda. Hanya dengan salin URL yang relevan dan kirimkan pengguna mana pun langsung ke halaman FAQ Anda.

6. Fokus pada SEO

Saat menulis jawaban FAQ Anda, cobalah mempraktikkan tautan internal dengan menambahkan sumber informasi tambahan yang sudah ada di situs Anda, seperti postingan blog. Hal ini dapat meningkatkan pengunjung dalam menelusuri halaman website Anda. Anda juga dapat menautkan ke sumber eksternal tambahan jika relevan dan menawarkan versi jawaban Anda yang lebih lengkap.

Selain itu, hal lainnya yang penting dalam perencanaan SEO saat menyusun halaman FAQ Anda adalah menjaga konten tetap unik dan orisinal. Jangan menyalin paragraf dari bagian lain website Anda. Tulis ulang apa yang Anda bisa, atau tautkan ke halaman lain yang memberikan informasi lebih detail.

7. Berikan kontak bisnis

Jika pengunjung masih belum menemukan jawaban yang mereka cari. Anda bisa melakukan cara alternatif yaitu untuk memberikan kontak bisnis Anda berupa alamat email, formulir kontak, fitur obrolan langsung, forum, atau metode lain apa pun untuk menghubungi Anda jika mempunyai pertanyaan.

8. Terbitkan halaman FAQ

Jika konten halaman FAQ dan desain Anda siap, Anda bisa mempublishnya ke dalam website Anda.

Pastikan halaman FAQ Anda dapat ditemukan tanpa kesulitan. Salah satu tempat strategis untuk menampilkan halaman FAQ yaitu di menu navigasi website.

Anda bisa menambahkan tautan ke halaman FAQ di footer website Anda. Meskipun tulisan halaman FAQ Anda tidak akan terlalu terlihat di bagian bawah saat mengunjungi halaman beranda, hal ini akan memberikan lebih banyak ruang untuk item lain di menu navigasi Anda. Karena menu di dalam footer dapat disematkan ke setiap halaman situs Anda, halaman FAQ Anda akan selalu dapat diakses oleh pengunjung.

9. Perbarui informasi FAQ

Pastikan informasi yang ditampilkan di dalam halaman FAQ selalu Anda perbarui. Amati pertanyaan dan jawaban pada halaman FAQ, usahakan agar informasi up to date dan jelas untuk memudahkan pengunjung memahami isi halaman FAQ

Selain itu, Anda ingin memasukkan pertanyaan baru dan populer yang muncul seiring waktu. Hal ini akan meningkatkan traffic website Anda karena sesuai dengan target audiens yang dituju. Hal Ini dapat menunjukkan kepada pelanggan bahwa brand Anda selau berkembang, aktif, dan mengikuti perkembangan zaman.


Itulah penjelasan mengenai apa itu halaman FAQ dan tips membuat halaman FAQ yang efektif. Dengan membuat halaman FAQ yang tepat dan sesuai pelanggan Anda akan membuat website Anda user experience pelanggan.

Oleh karena itu, tingkatkan user experience pelanggan Anda dengan mengoptimalkan website Anda bersama layanan website development DIPDOP. Hubungi DIPDOP sekarang untuk dapatkan layanan website development yang tepat untuk bisnis Anda.

Sumber:

https://www.wix.com/blog/how-to-create-faq-page

operator
chrismasopy.inc@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *