Logo Generik: Hindari Konsep Logo Seperti Ini

DIPDOP > Ceative Agency > Design Service > Logo Generik: Hindari Konsep Logo Seperti Ini
Gambar dari Freepik

Di dunia bisnis yang menghadirkan banyak brand, mengapa orang ingin melakukan branding yang terkesan generik? Untuk merek yang ingin menarik pelanggan dan menonjol dalam persaingan bisnis, desain logo yang unik dan menarik adalah peluang pertama untuk mengirimkan pesan yang tepat ke kalangan audiens dimanapun. Berikut penjelasan apa itu logo generik

Logo generik

Logo generik menampilkan elemen desain yang telah digunakan berkali-kali, sehingga tidak terlihat seperti kreasi asli. Beberapa logo yang umum dan sering digunakan ini mudah dikenali—bayangkan logo apa pun yang tampak seperti Microsoft Clip Art lama. Namun ada pula yang kurang jelas bagi mata yang tidak terlatih.

Kami rakyat, bukan V rakyat

V-Man, atau humanoid abstrak dan netral gender yang mudah dikenali, telah digunakan di platform manapun, mulai dari media sosial hingga bisnis yang berorientasi pada pelayanan. Meskipun secara teori hal ini bagus karena memberikan makna bahwa semua pelanggan adalah manusia, tetapi V-man tidak memiliki orisinalitas.

Logo globe tidak selalu bersifat duniawi

Perusahaan-perusahaan ingin menampilkan diri mereka sebagai perusahaan global dan akhirnya menggunakan simbol tersebut yang sudah sangat sering digunakan sehingga menimbulkan kesan kuno.

Logo grafik biasanya tidak mengarah ke atas

Logo grafik menjadi konsep logo yang sangat umum sehingga kehilangan maknanya. Logo grafik tidak  menunjukkan sesuatu yang unik atau berbeda tentang bisnis Anda.

Generic wordmarks and lettermarks tidak menjelaskan apa pun

Logo wordmark atau lettermark dapat menjadi cara yang elegan untuk melakukan branding pada bisnis Anda. Namun, beberapa konsepnya telah digunakan berkali-kali oleh beberapa brand sehingga sama audiens  tidak dapat diingat. Logo apa pun dengan nama atau inisial Anda harus menyatakan sesuatu tentang bisnis Anda.

Logo generik menurut industri

Ada beberapa konsep yang sering digunakan dan unik untuk industri tertentu. Berikut kumpulan desain yang harus dihindari jika Anda ingin menonjol dari pesaing Anda.

Akuntansi, keuangan dan konsultasi bisnis

Logo industri keuangan cenderung menggunakan inisial perusahaan yang disusun dalam bentuk geometris.

Perumahan

Logo real estat umum berfokus pada bentuk rumah. Secara khusus, mereka suka menonjolkan garis atap dan bentuk yang terlihat seperti bangunan atau cakrawala.

Komputer, internet, teknologi dan komunikasi

perusahaan teknologi tertarik pada konsep gambar ini ketika mencoba mengilustrasikan bisnis non-wujud mereka. Dan pada akhirnya mereka tampak biasa dan tidak dapat dipahami.

Pengecer

Saat berbelanja pasti akan melibatkan uang, label harga, dan troli. Oleh karena itu, gambar-gambar berikut yang juga menjadikannya logo ritel yang terlalu sering digunakan.

Medis, kesehatan dan farmasi

Ada beberapa simbol yang dipahami secara universal dalam profesi medis. Hal ini bagus untuk mengkomunikasikan jenis bisnis. Namun, sesuatu yang universal adalah penggunaannya membuat sesuatu itu sulit untuk menonjol.

Otomotif

Logo otomotif umum menggunakan lambang (sering kali berbentuk lingkaran, dan menampilkan jumlah sayap yang mengejutkan mengingat mobil terbang masih menjadi masa depan) dan bentuk mobil abstrak.

Tips membuat logo unik

Tetap sederhana, namun unik

Logo yang baik adalah logo yang tidak didesain secara berlebihan, namun tetap menyampaikan pesan ketika orang melihatnya. Daripada mendasarkan desain logo pada bentuk sederhana yang sering kali digunakan secara berlebihan dan umum. Buatlah logo yang memanfaatkan kualitas mendasar yang ingin diungkapkan oleh brand.

Ceritakan kisah spesial Anda

Sama seperti Anda ingin logo Anda menonjol dari pesaing, penting untuk mengingat cara merek Anda melakukan hal ini. Menjaga pernyataan visi misi merek Anda atau detail khas tentang perusahaan Anda akan membantu menjaga desain logo tetap berpusat pada konsep bisnis Anda, bukan versi umum.

Penting untuk dicatat bahwa membuat logo yang bagus dan unik dengan konsep umum adalah mungkin, selama Anda menemukan keunikan dalam bisnis Anda dan menerjemahkannya ke dalam gambar visual. Akan selalu ada logo gigi bergigi dan logo lingkungan yang menyukai pohon, tetapi ada cara untuk memberikan kehidupan baru pada gambar simbolis ini dan menyoroti apa yang membuat praktik khusus Anda unik.

Berikan tes gulir

Jika desain logo Anda adalah pandangan pertama calon pelanggan terhadap merek Anda, logo Anda harus menarik mereka ke bisnis Anda, bukan menghalangi mereka. Pikirkan tentang pencarian Gambar Google untuk logo di industri Anda. Berapa banyak di antaranya yang ingin Anda gulirkan dengan cepat?

Anda ingin memastikan bahwa logo Anda menginspirasi orang untuk berhenti sejenak dan merenung. Logo yang dirancang dengan baik bukan hanya sekedar grafis yang estetis, namun juga merupakan kunci untuk memenangkan bisnis baru. Saat berbelanja, konsumen dihadapkan pada banyak pilihan berbeda, dan sangat penting bagi sebuah bisnis untuk menonjol di pasar yang begitu ramai.

Itulah penjelasan mengenai logo generik. Jika Anda masih bingung bagaimana membuat logo yang menarik dan sesuai dengan bisnis Anda, hubungi DIPDOP sekarang juga.

Sumber:

https://99designs.com/blog/tips/generic-logos/

operator
chrismasopy.inc@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *