Ingin Membuat Website? Yuk, Simak 10 Cara Ini

DIPDOP > Ceative Agency > Website Development > Ingin Membuat Website? Yuk, Simak 10 Cara Ini
An image of WordPress
Cara membuat website

Jika Anda sedang menyimak artikel ini, berarti Anda sedang membutuhkan panduan untuk membuat website dengan mudah, bukan? Website memang menjadi salah satu sumber informasi dan juga penghasilan dalam waktu yang bersamaan, di mana Anda bisa mempublikasikan portofolio atau berbagi tips memasak rendang yang empuk.

Namun, banyak orang yang beranggapan bahwa membuat website harus pintar coding sehingga ragu untuk mencoba membuatnya. Padahal, membuat website bisa dilakukan dengan otodidak tanpa harus jago komputer banget.

Nah, mari simak langkah-langkahnya di bawah!

10 Langkah Mudah Membuat Website Ala Pemula

Simak setiap langkahnya, ini adalah cara-cara yang perlu dilakukan apabila Anda ingin membuat website.

  1. Tentukan Tujuan Website
  2. Pilih Platform
  3. Tetapkan Domain dan Hosting
  4. Instal WordPress
  5. Tentukan Tema
  6. Siapkan Konten
  7. Atur Layout Website
  8. Pasang Plugin
  9. Uji Website
  10. Terbitkan Websitenya

Yuk, kita simak langkah-langkah tersebut untuk bisa membuat website dari 0!

1. Tentukan Tujuan Website

Website memiliki berbagai macam jenis yang perlu disesuaikan dengan tujuan Anda membuat website. Ada beberapa jenis website yang biasanya sering kita jumpai.

  1. Website pribadi atau blog. Anda dapat menggunakan blog sebagai platform untuk menulis dan berbagi konten secara teratur, seperti artikel, opini, cerita, atau tutorial. Contohnya adalah WordPress dan Blogger.
  2. Portfolio. Apabila Anda hendak mempublikasikan hasil kerja atau karya dari apa yang sudah ada lakukan, portfolio menjadi pilihan website yang tepat agar calon konsumen dapat melihat kinerja Anda. Ini dapat dilakukan di Behance atau Dribble
  3. E-commerce/Toko Online. Anda tentu tidak asing dengan jenis website satu ini, kan? Shopee, Lazada, atau Tokopedia memiliki website e-commerce untuk menjual barang-barang yang ada dari Seller atau Penjual secara online.
  4. Situs Sosial. Dengan cakupan pengguna sosial media dengan lebih dari 130 juta jiwa, media sosial seperti Facebook atau Instagram juga memiliki situs website yang bisa diakses tanpa menggunakan aplikasi dari PlayStore/AppStore.
  5. Situs Pendidikan. Website ini menyediakan berbagai macam konten pendidikan, kursus online, dan sumber belajar lainnya. Apabila Anda hendak membagikan ilmu dari pengalaman Anda belajar selama di pendidikan formal dan non-formal, Anda bisa mencoba untuk membuat website pendidikan.

2. Pilih Platform

Setelah menentukan website seperti apa yang hendak Anda ingin buat, saatnya memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan anda. Ada beberapa opsi yang tersedia, seperti WordPress, Wix, atau Squarespace.

Untuk membuat website yang mudah tanpa harus melakukan kegiatan pemrograman yang susah, solusinya adalah menggunakan WordPress.

WordPress memiliki fleksibilitas yang tinggi, dengan pengaturan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Saking fleksibelnya, WordPress juga telah dipakai oleh beberapa nama-nama perusahaan besar, lho!

BBC America, The Walt Disney Company, dan Sony Music adalah sebagian kecil dari pengguna WordPress yang mampu untuk menampilkan website yang profesional. 

Sony Music official website
The Walt Disney official website.
BBC America official website

Dengan kata lain, WordPress dapat membantu Anda untuk membuat website yang ramah bagi pemula, dan sangat mungkin untuk dikembangkan agar menjadi lebih besar. 

3. Tetapkan Domain dan Hosting

Langkah berikutnya adalah dengan menetapkan domain atau alamat website Anda (www.alamatwebsite.com, misalnya). Pastikan untuk memilih nama atau domain yang sesuai dengan ciri khas atau persona yang hendak dibangun. Cek juga ketersediaan domain tersebut.

Anda juga perlu untuk memilih tempat dimana seluruh file yang ada di website tersebut disimpan, atau disebut juga dengan hosting. Dengan memilih penyedia hosting yang sesuai kebutuhan, website Anda pun menjadi aman.

4. Instal WordPress

Umumnya, Anda tidak perlu menginstal WordPress secara manual apabila telah memilih tempat hosting yang menyediakan benefit/keuntungan berupa instalasi WordPress secara otomatis.  Namun, apabila Anda tidak mendapatkannya, ini beberapa cara untuk menginstal WordPress.

4.1 Masuk ke Akses Panel Kontrol Hosting

Masuk ke panel kontrol hosting Anda. Ini biasanya dilakukan melalui URL yang diberikan oleh penyedia hosting Anda, seperti cPanel atau dashboard serupa.

4.2 Instal WordPress Melalui Softaculous Installer

Pada bagian Softaculous Apps Installer di cPanel, klik logo WordPress. Setelah itu, Anda akan disuguhkan dengan informasi mengenai WordPress secara detail. Lalu, klik Install Now. 

4.3 Konfigurasi Instalasi WordPress

Setelah Anda memilih WordPress, Anda akan diminta untuk mengkonfigurasi instalasi. Pilih domain tempat Anda ingin menginstal WordPress. Anda juga dapat memilih direktori di mana WordPress akan diinstal. Jika Anda ingin menginstal WordPress di root domain Anda (misalnya, www.namawebsite.com), biarkan kolom direktori kosong.

4.4 Isi Detail WordPress:

Selanjutnya, Anda perlu memberikan informasi penting seperti judul website, deskripsi, nama pengguna, dan kata sandi untuk akun administrator WordPress Anda. Pastikan untuk membuat informasi ini kuat dan aman.

4.5 Selesaikan Instalasi

Setelah Anda mengisi detail yang diperlukan, klik tombol “Instal” atau “Selesai” untuk memulai proses instalasi. Proses instalasi WordPress akan berjalan, dan Anda akan diberitahu ketika instalasi selesai.

4.6 Akses Dashboard WordPress

Setelah instalasi selesai, Anda akan diberikan URL untuk mengakses dashboard WordPress Anda. Masuk ke dashboard WordPress menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang Anda buat sebelumnya.

Setelah menyelesaikan seluruh proses instalasi WordPress, saatnya melakukan kustomisasi agar tampilannya sesuai dengan branding yang kita inginkan. 

Namun, bagi Anda yang memiliki waktu terbatas karena banyaknya kesibukan, DIPDOP menyediakan jasa pembuatan website profesional lewat WordPress dengan harga yang ramah di kantong. 

5. Tentukan Tema

WordPress memiliki berbagai tema yang dapat Anda pilih sesuai dengan gaya dan tujuan website Anda. Anda juga bisa mencari tema premium untuk fitur yang lebih canggih. Untuk melakukan kustomisasi tema tersebut, buka dashboard WordPress lalu klik menu Appearance – Themes – Add New.

Anda bisa mencari tema sesuai dengan yang diinginkan melalui kolom pencarian, atau memilih tema-tema Populer apabila Anda bingung. 

Lalu, pilih salah satu tema dan klik Install untuk menerapkan tema tersebut ke website Anda. 

6. Siapkan Konten

Setelah tema terpilih, Anda dapat menyiapkan konten yang hendak diunggah ke laman website WordPress. Gabungkan beberapa tipe konten seperti video dan tulisan agar interaksi dan jangkauan website menjadi meningkat. 

Perlu diperhatikan untuk mengunggah konten sesuai dengan niche atau kebutuhan market yang akan Anda sasar. Jangan lupa untuk mengecek kembali sebelum mengunggah konten tersebut, ya!

7. Atur Layout Website

Agar pembaca dapat merasakan kenyamanan dalam berselancar di website Anda, jangan lupa untuk mengatur layout agar tidak tumpang tindih dan terlalu banyak elemen dalam satu tampilan layar. 

Masukkan menu dan halaman yang memang diperlukan para pembaca seperti Kontak, Beranda, Tentang Kami, dan sebagainya.

8. Pasang Plugin

Supaya menjadi lebih optimal, sangat disarankan untuk Anda memasang plugin pada website yang dimiliki. Salah satu plugin yang berguna untuk dipasang adalah plugin SEO untuk membantu website Anda muncul di halaman pertama di pencarian Google. 

9. Uji Website

Jangan lupa untuk menguji seluruh fitur di website yang ada agar tidak terjadi bug atau error yang diinginkan. Periksa tautan, formulir kontak, dan pastikan bahwa semua halaman dimuat dengan cepat dan tampil dengan baik di berbagai perangkat.

10. Terbitkan Website Anda

Setelah memastikan semuanya aman dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda, saatnya mempublikasikan website Anda! Klik tombol Terbitkan pada dashboard WordPress dan Anda sudah secara resmi mempunyai website sendiri.

Nah, itu dia 10 langkah untuk membuat website melalui WordPress. Cukup mudah, bukan? Tentu, tidak ada salahnya untuk menyewa jasa website developer yang memiliki tim profesional dan menyediakan konsultasi gratis seperti DIPDOP.

Hubungi kami di 0811305490 dan kami siap hadir untuk mewujudkan website impian Anda!

Adinda Feriana Madani
adindamadani01@gmail.com

One thought on “Ingin Membuat Website? Yuk, Simak 10 Cara Ini”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *