Video Email Marketing: Apa dan Bagaimana Cara Penerapan dalam Bisnis

DIPDOP > Ceative Agency > Content Marketing > Video Email Marketing: Apa dan Bagaimana Cara Penerapan dalam Bisnis
Gambar dari Freepik

Video dan email bisa bergabung menjadi satu bentuk media yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Inilah alasan kenapa pelaku bisnis harus mengetahui bagaimana strategi yang bisa diterapkan dari video dalam email marketing.

Penggunaan video dalam email juga mampu menarik perhatian pelanggan baru maupun pelanggan lama untuk membuka email yang dikirimkan pelaku bisnis. Hal ini tentu akan meningkatkan keefektifan email marketing produk Anda dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Berikut penjelasan mengenai video email marketing dan penerapannya dalam bisnis.

Manfaat Video Email Marketing

Meningkatkan engagement dengan pelanggan

Beberapa pelanggan terkadang merasa malas menerima email karena teks dalam email yang sangat banyak. Dengan menggunakan video, Anda bisa memberikan segala informasi dalam bentuk tertulis dan visual dalam satu bentuk. Pelanggan cenderung menyukai dengan bentuk video karena mereka melihat pesan yang disampaikan hanya melalui video. Hal ini meningkatkan engagement karena pelanggan membuka dan membaca email yang Anda kirimkan.

Tingkatkan brand positioning

Video mampu menggabungkan berbagai alat branding yang kuat, mulai dari efek visual hingga audio. Anda bisa memberikan video yang khas agar brand Anda selalu diingat oleh pelanggan. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan brand positioning di benak pelanggan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Tingkatkan efektivitas kampanye email Anda

Video memiliki banyak kelebihan dibandingkan teks. Mulai dari visual, audio, dan teks bergabung menjadi satu media yang dapat menarik perhatian pelanggan. Dengan menggunakan template email, tata letak, dan strategi desain yang tepat, Anda dapat menarik beberapa segmen audiens sekaligus. Hal ini meningkatkan keberhasilan kampanye email Anda secara keseluruhan.

Pertahankan pelanggan Anda yang sudah ada

Iklan produk, penawaran promo, pengumuman launching produk yang dihadirkan melalui sebuah video dapat menarik perhatian pelanggan Anda yang sudah ada. Apalagi jika Anda memberikan konten video secara berkala akan membuat pelanggan ingat dengan brand Anda dan meningkatkan loyalitas pelanggan kepada brand Anda.

Hasilkan leads baru

Melakukan email marketing dengan video dapat meningkatkan ketertarikan pada pelanggan lama maupun pelanggan baru. Baik pelanggan lama maupun pelanggan baru, Anda perlu memberikan alasan yang kuat kenapa mereka harus memilih produk Anda. Video mampu memperkuat pesan yang ingin Anda sampaikan sehingga dapat meningkatkan keefektifan email marketing produk Anda.

Cara Menggunakan Video dalam Email Marketing

Gunakan kata “video” di baris subjek email

Subjek email sebagai hal pertama yang dilihat pelanggan saat mendapatkan email memainkan peran utama untuk menarik perhatian pelanggan membuka email Anda.

Jika Anda memberikan video di dalam email yang dikirimkan, Anda bisa memberikan kata video pada subjek email Anda. Hal ini akan membuat pelanggan tertarik untuk membuka email Anda. Misalnya, baris subjek Anda dapat berupa “Buat Halaman Arahan yang Dapat Dikonversi [Video Petunjuk].” Atau, Anda dapat menempatkan emoji di baris subjek yang menandakan bahwa ada video di dalam kampanye Anda.

Lakukan A/B test untuk mengetahui cara mana yang menghasilkan open rates yang lebih baik untuk bisnis Anda. Dengan begitu Anda mengetahui hal apa yang pelanggan suka.

Sekarang mari kita lihat contoh strategi di atas dari duo blogger New Darlings:

Brand tersebut tidak hanya menyebutkan kata video di baris subjeknya tetapi mereka juga memberikan beberapa tautan video ke dalam kampanye. Mereka membuat tombol putar terlihat sehingga penerima email mereka lebih terdorong untuk membuka email dan mengklik video tersebut.

Promosi Produk

Biasanya email promosi produk yang dikirimkan pelanggan berisi teks dan gambar. Anda bisa mempromosikan produk Anda dengan menggunakan GIF animasi untuk menunjukkan fitur dari suatu produk.

Penggunaan GIF animasi bisa Anda berikan untuk memperkenalkan beberapa macam produk Anda. GIF animasi yang bergerak akan lebih menarik perhatian pelanggan dibandingkan gambar.

Berikut ini contoh cara Sambag melakukannya:

Pada contoh di atas, kita memiliki gaun yang memiliki lima kegunaan berbeda. GIF hadir untuk menampilkan kelima kegunaan gaun ini.

Contoh bagus lainnya dari pemasaran email video adalah yang di bawah ini dari Gucci. Untuk mempromosikan tas GG Marmont dan lebih melibatkan pelanggan dengan merek tersebut, mereka menggunakan video tentang cara pembuatan tas ini.

Meluncurkan Produk Baru

Menggunakan video untuk memperkenalkan produk yang akan Anda luncurkan menjadi ide bagus untuk email yang akan dikirimkan ke pelanggan. Anda bisa menambahkan video pada email Anda untuk memperkenalkan produk beserta fitur unggulan produk Anda. Hal ini bisa membangkitkan rasa ingin tahu mereka sekaligus menjaga agar brand Anda tetap diingat.

Dengan memperkenalkan produk yang akan diluncurkan beserta fitur unggulan akan membuat pelanggan tertarik dan memberitahukan produk tersebut ke kerabat mereka. Video yang Anda buat juga dapat dibagikan ke akun media sosial Anda sehingga menjangkau audiens yang lebih luas.

Membagikan Video Cerita Pelanggan

Anda bisa memberikan video berupa cerita dan testimoni pelanggan terkait produk Anda di dalam email yang dikirimkan kepada pelanggan.

Video testimoni membuat pelanggan tertarik ingin mengenal lebih jauh brand Anda karena mereka melihat pendapat dari beberapa orang yang telah mencoba produk Anda

Anda dapat membuat landing page khusus untuk video kisah pelanggan sehingga Anda dapat mengarahkan pemirsa ke tindakan tertentu setelah menonton video melalui ajakan bertindak.

Membagikan Cerita Brand

Orang-orang suka membeli produk dari merek yang memiliki cerita bagus di baliknya atau mereka dapat memahaminya.

Anda dapat membuat video profesional dengan kisah perusahaan Anda. Video tersebut dapat berbicara tentang sejarah, pendiri, atau karyawan Anda. Semuanya berfungsi untuk memanusiakan merek Anda dan menunjukkan elemen “orang” di balik logo merek Anda.

Itulah penjelasan mengenai video email marketing dan penerapannya dalam bisnis. Tingkat efektifitas email marketing Anda dengan menghubungi DIPDOP sekarang juga. Layanan content marketing DIPDOP dapat disesuaikan dengan jenis bisnis Anda dan mampu memaksimalkan email marketing bisnis Anda.

Sumber:

https://mailchimp.com/resources/when-to-use-videos-in-an-email-marketing-campaign/

https://moosend.com/blog/video-email-marketing/

operator
chrismasopy.inc@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *