4 Tips Desain Konten Instagram yang Menarik untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Anda

DIPDOP > Ceative Agency > Design Service > 4 Tips Desain Konten Instagram yang Menarik untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Anda
Gambar dari Freepik

Saat Anda melihat konten instagram produk, hal pertama yang Anda lihat adalah desain konten instagram produk. Desain konten mulai dari warna feed, bentuk tulisan, maupun foto produk dapat mempengaruhi kesan pertama audiens saat melihat instagram produk bisnis. Oleh karena itu, diperlukan beberapa tips agar desain konten instagram produk Anda terlihat menarik agar brand produk lebih dikenal oleh audiens. Berikut tips desain konten instagram yang menarik untuk tingkatkan penjualan bisnis Anda.

Kenali Target Audience yang Diinginkan

Sebelum membuat konten instagram hal yang dilakukan pertama kali yaitu menentukan target audiens yang diinginkan. Setiap audiens memilki selera yang berbeda karena adanya faktor usia, jenis kelamin, hobi dan lain-lain. Dalam menentukan target audience mulai dari menetukan umur, jenis kelamin, serta kegemaran dari target pembeli. Dengan menentukan target audiens, Anda bisa menentukan warna yang cocok untuk konten instagram bisnis Anda Contohnya adalah akun instagram brand yang ditujukan untuk pria misalnya minuman berenergi, produk perawatan tubuh pria lebih sering menonjolkan warna-warna yang gelap seperti biru tua, hitam, dan hijau tua untuk menimbulkan kesan maskulin. Sedangkan produk yang ditujukan untuk wanita misalnya produk tubuh wanita akan menggunakan warna-warna yang cerah untuk menimbulkan kesan feminim.

Menggunakan Warna Konsisten pada Seluruh Konten Instagram

Menggunakan warna yang konsisten pada seluruh konten instagram menjadi langkah penting dalam membuat desain konten Instagram bisnis Anda menarik. Warna memiliki kekuatan untuk membangun emosi, mengkomunikasikan pesan, dan memberikan kesan yang kuat kepada audiens. Penggunaan warna yang konsisten pada seluruh konten instagram dilakukan agar brand mudah dikenali oleh masyarakat secara luas.

Contohnya instagram brand Shopee yang menggunakan warna oranye di konten instagram Shopee baik dari background dan warna tulisan. Hal ini juga dilakukan brand Tokopedia yang menggunakan sebagian besar warna hijau di konten instagram Tokopedia. Hal ini akan membuat audiens mudah mengenali brand tersebut.

Gunakan Trik Fotografi yang Sesuai

Agar audiens tertarik dengan produk yang Anda jual, Anda tidak hanya mengandalkan animasi atau grafis tertentu. Diperlukan beberapa foto dan video produk untuk menarik rasa ingin tahu audiens pada produk yang dijual. Oleh karena itu diperlukan trik fotografi agar audiens fokus pada foto produk. Berikut beberapa tips menggunakan trik fotografi untuk membuat desain konten instagram yang menarik :

• Buat elemen visual sesuai dengan kebutuhan, dimana Anda bisa memadukan dengan ukuran, kontras, dan elemen lainnya.

• Pastikan untuk menempatkan foto produk yang selaras satu sama lain.

• Masukkan elemen dengan warna, ukuran, serta tekstur yang berbeda sehingga membuat mereka setara satu sama lain.

Penggunan komposisi gambar yang tepat juga digunakan oleh akun instagram brand @jcoindonesia yang menempatkan foto produk di tengah gambar sehingga audiens akan fokus pada produk tersebut dan penasaran dengan isi konten instagram produk.

Tambahkan Tipografi yang Menarik

Pemilihan tulisan juga menjadi hal penting dalam desain konten instagram bisnis. Hal ini bisa disesuaikan dengan target audiens dan karakteristik bisnis yang ingin ditunjukkan ke audiens. Contoh apabila produk anda memiliki konsumen di usia 30-40 tahun maka Anda bisa memilih tipografi yang tegak dan formal sehingga mudah dibaca oleh konsumen. Namun apabila target Anda di usia kalangan remaja maka Anda bisa menggunakan gaya tulisan yang lebih variatif. Pemilihan tipografi juga sebaiknya diikuti dengan warna tulisan agar tidak bertabrakan dengan background konten. Pemilihan tipografi digunakan agar audiens lebih tertarik untuk membaca konten instagram dan ingin mengetahui lebih lanjut produk yang dijual.

Itulah beberapa tips desain konten instagram yang menarik untuk tingkatkan penjualan bisnis Anda. Hubungi DIPDOP sekarang juga dan mulailah membuat desain konten Instagram yang menarik bersama kami!

Sumber :

https://socialmediamarketer.id/instagram/desain-konten-instagram-estetik/

operator
chrismasopy.inc@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *