Peluang Media TikTok Sebagai Bisnis

DIPDOP > Ceative Agency > Content Creator > Peluang Media TikTok Sebagai Bisnis

Platform media sosial TikTok kini memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif sehingga peluang media TikTok sebagai Bisnis lebih besar. Karena hal ini, semakin banyak pula brand yang memanfaatkan platform TikTok untuk strategi marketing. Brand bekerjasama dengan influencer dan content creator untuk menghasilkan keuntungannya lewat TikTok.

Selain itu, peluang TikTok untuk bisnis jika memiliki banyak follower dapat membangun interaksi yang lebih dinamis, dan memperkuat kehadiran online.  Dalam dunia yang semakin digital, jumlah follower yang besar juga bisa meningkatkan kredibilitas dan reputasi, baik bagi individu maupun bisnis, membuat mereka terlihat lebih terpercaya dan berpengaruh. Dalam strategi digital marketing, follower TikTok yang terus bertambah dapat berarti bahwa jangkauan produk semakin kuat dan dapat menarik banyak minat calon konsumen kedepannya.

Berikut Cara Menambah Followers TikTok

1. Kenali target audiens

TikTok merupakan platform populer dengan jutaan pengguna dari berbagai usia dan kalangan. Salah satu cara menambah followers TikTok gratis tanpa aplikasi adalah dengan mengenali target penonton. Mengetahui target penonton akan memudahkan Anda untuk membuat konten yang lebih menarik sehingga dapat menjadi peluang dalam media TikTok meraup keuntungan semakin naik. Cara mengetahui target audiens adalah dengan melihat TikTok analytics atau analisis TikTok. Perhatikan tipe audiens terbanyak yang menonton konten-konten Anda, baik dari segi usia, gender, hingga lokasi. Setelah mengetahui tipe audiens, Anda bisa lebih mudah menentukan konten apa yang menarik atau konten yang ingin ditonton oleh mereka. Anda pun bisa bereksperimen dan mengunggah konten dengan berbagai topik untuk mengetahui respon penonton.

Baca Juga : Peran Copywriting yang Efektif untuk Pemasaran

2. Aktif Berinteraksi

Interaksi adalah poin vital dari setiap platform media sosial yang ada, dan TikTok pun tidak terkecuali. Aktif merespons komentar, mengikuti kembali (follow back), dan berinteraksi dengan konten kreator lainnya akan dapat membantu Anda membangun sebuah komunitas. Strategi ini tidak hanya meningkatkan visibilitas Anda tetapi juga mendorong orang untuk lebih terlibat dengan konten Anda, termasuk menekan tombol “Ikuti” ketika mereka melihatnya di profil.

3. Aktif Menggunakan Fitur Live

Fitur Live adalah salah satu alasan mengapa TikTok sangat digemari oleh banyak kalangan. Populernya fitur ini pun menjadi salah satu alasan kenapa hingga 90% pengguna TikTok membuka aplikasi tersebut setidaknya satu hari sekali. Terutama untuk Anda yang menjalankan, fitur ini pun sudah menjadi channel penjualan yang cukup menjanjikan beberapa tahun belakangan. Dengan mempromosikan brand serta produk/jasa Anda melalui sesi Live, Anda pun akan bisa berinteraksi dengan para peminat secara langsung. Lama kelamaan, interaksi ini akan membuat mereka tertarik untuk menjadi followers akun TikTok Anda secara permanen. 

4. Gunakan musik/sound yang sedang viral

Menggunakan musik atau sound tertentu yang sedang booming berpotensi membuat konten Anda ikutan trending. Tentunya musik viral tersebut tetap harus disesuaikan dengan konten yang sedang dibuat. Algoritma TikTok cenderung menyukai konten-konten yang memakai musik viral karena punya potensi lebih tinggi untuk disukai, disimpan, atau dibagikan lagi oleh para penonton. Hal ini termasuk metrik yang dipertimbangkan oleh algoritma TikTok saat menentukan konten mana saja yang layak masuk FYP. Untuk menentukan musik apa yang harus dipakai, coba telusuri FYP, amati video-video yang sedang trending, lalu perhatikan musik yang sedang digunakan. Pakai musik tersebut ke dalam video Anda, tapi sesuaikan dengan isi kontennya. Jika konten memuat suara Anda, pastikan volume musik tidak terlalu keras agar tidak menutupi suara Anda.

5. Upload di waktu yang tepat

Cara menambah followers TikTok adalah dengan memastikan konten Anda ditonton oleh target audiens. Karena itu, konten sebaiknya diunggah pada waktu yang tepat, yaitu ketika target audiens Anda sedang aktif di TikTok. Anda perlu mencari tahu kapan atau di jam-jam berapa saja target audiens Anda aktif di TikTok. Untuk mengetahuinya, lakukan beberapa cara berikut:

  • Buka analisis TikTok dan lihat konten mana saja yang mendapat engagement tinggi, lalu periksa kapan Anda mengunggahnya.
  • Lakukan eksperimen dengan mengunggah video serupa di waktu yang berbeda-beda untuk melihat respon penonton.
  • Setelah upload, perhatikan seberapa cepat konten tersebut mendulang view.

Jika sudah menemukan waktu yang tepat untuk upload, jangan lupa untuk konsisten mengunggah konten di waktu-waktu tersebut. Konten yang diunggah secara konsisten biasanya lebih disukai oleh penonton sehingga mereka tak ragu untuk mem-follow sang creator.

Jika Anda baru saja membuat toko di TikTok Shop untuk berjualan, perlu diingat bahwa sebuah toko di e-commerce perlu terus-menerus dikembangkan agar dapat menarik perhatian para calon pembeli. Selain itu, bertujuan mengembangkan toko juga untuk meningkatkan penjualan yang diperoleh. Namun, pelaksanaannya tetap membutuhkan strategi yang efektif. 

Strategi Agar TikTok Semakin Berkembang:

1. Selalu Terima Review dengan Terbuka

Hal ini dapat membantu kamu dalam memperbaiki produk atau layanan yang ditawarkan. Selain itu, review juga dapat memberikan gambaran yang jelas kepada calon pembeli mengenai kualitas produk atau layanan yang kamu berikan. Selalu tanggapi berbagai ulasan yang kamu terima dengan ramah dan baik, karena respon yang baik dari penjual akan meningkatkan citra toko kamu di mata para pelanggan. Oleh karena itu, peluang media TikTok sebagai Bisnis semakin naik jika menanggapi review negatif dengan kurang baik, calon pembeli akan berpikir dua kali karena sifat toko kamu tercermin dari bagaimana kamu memberikan layanan.

2. Membentuk Tema-Tema Khusus Sesuai Masa

Menyesuaikan tema toko sesuai masa dapat membantu mengembangkan bisnis toko di TikTok Shop sehingga dapat meningkatkan minat dan kesadaran pembeli potensial terhadap toko kamu. Ini juga akan membuat toko kamu terasa relevan bagi para calon pembeli.

Ini adalah beberapa ide promosi beserta masa yang dapat kamu terapkan untuk kedepannya :

Hari Raya Idul Fitri : kamu bisa memasang promosi bundle khusus hari Raya dengan harga spesial, atau melaksanakan buy 1 get 1 untuk pembelian baju Ramadhan.

Hari Kemerdekaan Indonesia : salah satu promosi yang dapat kamu gunakan adalah diskon 17% apabila mereka mengenakan baju merah dan putih.

PayDay sale : terakhir, kamu bisa memberikan harga khusus hanya saat periode gajian, misalnya dari tanggal 24-26. Ini akan membuat pembeli merasa lebih untung, terutama setelah gaji masuk.

3. Gunakan Affiliator TikTok

Affiliator TikTok adalah seseorang yang membantu penjual dalam mempromosikan produk atau layanan dengan menggunakan platform TikTok. Menggunakan program afiliasi TikTok dapat membantu kamu meningkatkan penjualan toko online kamu dengan berbagai cara.

Keuntungan jika menggunakan affiliator TikTok :

1. Memperluas Jangkauan Pasar 

Dengan menggunakan affiliasi TikTok, kamu dapat memperluas jangkauan pasar toko online kamu. Karena, kamu akan dibantu oleh para affiliator untuk mempromosikan produk-produk yang kamu jual dengan memanfaatkan berbagai fitur video TikTok. Ini akan lebih menarik banyak pembeli untuk membeli produk kamu. Melalui cara ini, peluang media TikTok sebagai Bisnis toko online dapat dikenal oleh calon pembeli yang lebih banyak dan peluang dari media TikTok semakin meroket.

2. Meningkatkan Kepercayaan Calon Pembeli 

Affiliator media TikTok berguna untuk mengulas produk kamu dengan detail dan menjadi peluang, lalu memberikan rekomendasi kepada para pengikutnya untuk membeli produk kamu. Hal ini bertindak testimoni juga, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli dan bisnis semakin naik.

3. Meningkatkan Jumlah Penjualan 

Melalui affiliator TikTok, produk kamu secara langsung direkomendasikan oleh mereka, sembari diberikan ajakan untuk membeli pula. Semakin banyak affiliator tersebut mempromosikan produk kamu, semakin tinggi pula kemungkinan jumlah penjualan kamu bertambah.

Sumber:

Bangkitnya Pemasaran TikTok

Jesica Kharisma
jesicakharisma03@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *