Tips Membuat Highlights Instagram Sebagai Marketing

DIPDOP > Ceative Agency > Content Marketing > Tips Membuat Highlights Instagram Sebagai Marketing

Highlight Instagram adalah salah satu fitur terbaru di IG dan dapat menjadi highlights instagram sebagai marketing. Jika Anda menggunakan IG dalam bahasa Indonesia, Anda akan menemukan fitur ini dengan nama “sorotan”. Rupanya, sorotan IG kini menjadi senjata baru dalam dunia marketing. Artikel ini akan membahas semua hal tentang fitur sorotan IG.

Banyak marketer sudah membuktikan manfaat sorotan IG pada bisnis dan pemasaran. Berikut ini beberapa alasan mengapa fitur ini harus Anda coba:

1. Durasi Stories Tak Terbatas

Manfaat highlight Instagram yang pertama adalah durasi stories tanpa batas. Stories biasa hanya akan bertahan selama 24 jam. Jika Anda menggunakan stories untuk berpromosi atau highlights instagram sebagai marketing maka 24 jam terdengar berat untuk menjangkau prospek. Oleh karena itu, Anda harus mengemas stories penting seperti promosi, jawaban Q&A, atau jadwal event ke dalam sorotan. Berkat adanya sorotan, pengguna bisa mengakses stories Anda kapan saja dan informasi penting mengenai bisnis Anda selalu tersedia di halaman profil. Jadi, tantangan selanjutnya hanyalah mendatangkan lebih banyak traffic ke halaman profil IG Anda.

2. Menciptakan Kesan Pertama

Manfaat highlight Instagram yang kedua adalah menciptakan kesan pertama. Jika Anda hanya mengandalkan feed, maka pengguna yang mengunjungi profil Anda bisa saja ‘tersesat’. Sebab, pengguna harus scroll feed sampai menemukan informasi yang mereka cari. Belum lagi jika ada ukuran feed Instagram yang terkadang kurang ideal dan informatif. Sorotan terletak di bawah bio, tepat di atas feed. Posisi ini sangat strategis untuk menangkap perhatian pengguna. Daripada harus scroll feed yang mungkin saja berisi ratusan hingga ribuan post, bukankah lebih efisien jika pengguna swipe stories? Hasilnya, kesan pertama pengunjung cenderung lebih positif.

3. Mengatur Kategori Stories

Manfaat highlight Instagram yang ketiga adalah dapat mengatur kategori penyajian informasi. Singkatnya, Anda punya kesempatan untuk merapikan stories Anda ke dalam kategori. Penentuan jumlah dan nama kategori pun sepenuhnya berada di tangan Anda. Keleluasaan ini membuat Anda bisa mengatur halaman profil IG agar dapat mendukung kebutuhan bisnis. Contohnya, Anda bisa membuat kategori ‘Produk’ untuk menampilkan stories tentang produk Anda. Kemudian, kategori ‘Testimoni’ untuk meyakinkan prospek dengan cerita sukses dari konsumen Anda. Bahkan Anda juga bisa membuat quiz pertanyaan di Instagram dan menampilkannya ke sorotan.

4. Menunjang Branding

Manfaat highlight Instagram adalah menunjang branding. Lewat sorotan IG, Anda bisa menampilkan citra perusahaan secara leluasa. Sorotan Anda bisa saja berisi budaya perusahaan, aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR), prestasi, riwayat kerja sama dengan entitas bisnis besar, dan lain sebagainya. Sekali lagi, kategori akan memudahkan Anda dalam menyusun berbagai tipe stories. Berkaitan dengan branding, maka Anda bisa mengumpulkan stories tertentu ke dalam satu kategori untuk memperkenalkan perusahaan Anda. Misalnya sorotan behind the scene untuk menunjukkan bagaimana operasional bisnis Anda bekerja.

5. Navigasi Lebih Mudah

Manfaat highlight Instagram yang keenam adalah untuk memudahkan navigasi pengguna. Terkadang, pengguna mengunjungi halaman profil Anda untuk mencari informasi tertentu. Padahal jika Anda hanya memakai feed, maka Anda berisiko mempersulit pengguna karena harus scroll sampai ke bawah. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memakai sorotan. Karena sorotan terbagi ke dalam beberapa kategori, maka pengguna bisa langsung memilih kategori sorotan sesuai informasi yang mereka butuhkan. Misalnya, sorotan Contact Person untuk memudahkan pengguna saat mencari kontak bisnis yang bisa mereka hubungi.

6. Lebih Dekat dengan Konsumen

Manfaat highlight Instagram yang ketujuh adalah engagement. Lewat sorotan, Anda bisa menjalin interaksi yang lebih intens dengan konsumen. Contohnya, Anda bisa merekam proses produksi yang menampilkan staf yang bekerja dengan riang itulah highlights instagram sebagai marketing. Konten semacam ini secara psikologis mampu mendekatkan konsumen. Demi kepentingan jangka panjang, engagement adalah variabel yang wajib Anda optimalkan. Intensitas interaksi dan ikatan dengan konsumen adalah cara untuk mempertahankan loyalitas konsumen.  Di sisi lain, konsumen yang sudah menjadi pelanggan Anda bisa sangat mungkin merekomendasikan produk Anda ke kerabatnya.

Tips Menggunakan Highlight di Instagram dengan Efektif

  • Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan fitur Highlight di Instagram dengan efektif:
  • Pilih nama highlight yang menarik, jelas, dan berkaitan dengan konten yang disimpan.
  • Atur highlight Anda dalam urutan yang logis agar pengikut Anda dapat dengan mudah menavigasi dan melihat cerita yang disimpan.
  • Pilih gambar sampul yang menarik dan mencerminkan isi highlight.
  • Perbarui highlight Anda secara teratur dengan cerita-cerita terbaru agar pengikut Anda selalu mendapatkan konten yang segar dan menarik.
  • Promosikan highlight Anda melalui cerita dan postingan reguler untuk mengundang pengikut Anda untuk melihat highlight tersebut.
  • Manfaatkan fitur archive untuk menyimpan cerita-cerita lama yang tidak ingin ditampilkan di profil Anda, namun masih ingin diakses oleh pengikut Anda melalui highlight

Sumber:

Pentingnya Highlights Instagram

Apa Itu Highlights Instagram

Jesica Kharisma
jesicakharisma03@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *