Instagram Ads: Strategi Promosi Digital untuk UMKM

DIPDOP > Ceative Agency > Content Marketing > Instagram Ads: Strategi Promosi Digital untuk UMKM
ilustrasi instagram ads
Photo by Georgia de Lotz on Unsplash

Saat ini, promosi secara digital sudah menjadi hal yang umum dilakukan bagi pelaku bisnis atau UMKM. Penggunaan media sosial menjadi strategi utama dalam melakukan promosi digital. Salah satu media yang sering digunakan, yaitu Instagram.

Instagram sangat berpotensi bagi UMKM yang ingin mengembangkan usahanya. Media sosial tersebut menyedikan fitur untuk melakukan promosi secara gratis maupun berbayar. Terdapat layanan Instagram Ads yang merupakan layanan iklan berbayar milik Instagram. Nah mau tahu apa itu Instagram Ads dan pentingnya bagi pelaku UMKM? Silahkan simak ulasan berikut, ya!

Apa itu Instagram Ads?

Instagram Ads adalah layanan iklan berbayar yang disediakan oleh platform media sosial Instagram. Hal tersebut memungkinkan pelaku bisnis dan individu dapat melakukan promosi produk, jasa, atau konten mereka kepada audiens yang lebih luas dan tepat sasaran. Dengan menggunakan layanan itu, anda dapat menargetkan pengguna Instagram berdasarkan demografi, minat, dan perilaku untuk meningkatkan jangkauan dan interaksi.

Pentingnya Instagram Ads

Instagram telah berkembang menjadi salah satu platform media sosial terbesar di dunia. Hampir setiap orang saat ini memiliki akun Instagram dan membuka aplikasi tersebut dalam kegiatan sehari – harinya. Maka dari itu, Instagram berpotensi untuk meluaskan jangkauan dan mengembangkan UMKM anda.

Instagram Ads dapat menjadi salah satu pilihan bagi UMKM yang ingin melakukan promosi. Layanan tersebut merupakan alat yang efektif untuk meningkatkan jangkauan, keterlibatan, dan penjualan. Selain itu, terdapat banyak manfaat yang dimiliki oleh Instagram, yaitu:

1. Meningkatkan Jangkauan

Penggunaan Instagram Ads memungkinkan UMKM anda untuk menampilkan produk kepada audiens yang lebih luas dan tepat sasaran. Produk dengan iklan yang menarik dapat membuat lebih banyak orang mengenal dan meningkatkan kesadaran merek secara signifikan. Calon konsumen akan berpotensi tertarik dan membeli produk yang diiklankan secara spesifik. 

2. Menjangkau Audiens yang Lebih Muda

Instagram sangat populer di kalangan generasi muda, termasuk Gen Z dan milenial. Jika target pasar UMKM anda termasuk dalam usia tersebut, beriklan di Instagram adalah strategi yang sangat efektif untuk menjangkau dan melibatkan mereka. Ditambah saat ini, usia muda sangat menyukai pembelian produk secara online, karena lebih efisien waktu.

3. Menyediakan Format Iklan yang Menarik

Instagram menawarkan berbagai format iklan, termasuk foto, video, carousel, dan story ads. Beragam format ini memungkinkan bisnis untuk menyampaikan produk anda dengan cara yang paling efektif dan menarik. Misalnya, video dapat digunakan untuk menunjukkan review produk, sementara carousel ads dapat menampilkan beberapa produk dalam satu iklan.

4. Meningkatkan Keterlibatan Pengguna

Instagram dikenal dengan tingkat keterlibatan pengguna yang tinggi. Pengguna Instagram cenderung aktif dalam memberikan like, komentar, dan berbagi konten yang menurut mereka menarik. Iklan yang dirancang dengan baik dan menarik akan mendorong interaksi pengguna, meningkatkan keterlibatan dengan merek dan menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan audiens.

5. Pengukuran dan Analisis Tinggi

Dengan Instagram Ads, UMKM anda dapat mengakses berbagai data analitik untuk melacak kinerja kampanye atau iklan. Anda dapat melihat berapa banyak orang yang melihat iklan, jumlah interaksi, dan jumlah pembelian. Data ini sangat berharga untuk mengukur efektivitas kampanye dan membuat penyesuaian yang diperlukan.

Berapa biaya Instagram Ads?

Biaya Instagram Ads cenderung lebih terjangkau dibandingkan platform media sosial lain. Namun, Anda tetap disarankan untuk membuat anggaran iklan yang tepat agar berjalan dengan efektif. Biaya pemasangan iklan di Instagram bervariasi dan tergantung pada target audiens, model penawaran, dan sebagainya. 

Biaya harian minimal masih bisa diketahui dari opsi setup iklan. Jika melalui Ads Manager, biaya hariannya mulai dari Rp16.000, sedangkan jika boosting promote konten organik, biaya hariannya sebesar Rp20.000.

Instagram berpotensi menjadi pilihan terbaik bagi UMKM yang ingin mengembangkan usahanya. Banyaknya fitur dan layanan menjadi keunggulan Instagram untuk promosi suatu usaha. Ditambah dengan adanya layanan tersebut, UMKM dapat memungkinkan promosi dilakukan secara lebih tinggi dan tepat sasaran ke calon pelanggan.

Sumber: 

Instagram Ads: Cara Beriklan, Tips, dan Biaya

Instagram Ads: Biaya, Cara Pasang dan Syaratnya

Muhammad Akbar Saputra
akbarsaputra67@gmail.com

One thought on “Instagram Ads: Strategi Promosi Digital untuk UMKM”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *