Unique Selling Proposition: Pengertian dan Cara Menentukannya

DIPDOP > Ceative Agency > Digital Marketing > Unique Selling Proposition: Pengertian dan Cara Menentukannya
Definisi dalam bentuk diagram dari unique selling proposition.

Unique selling proposition atau yang biasa dikenal dengan USP adalah faktor utama yang dapat menentukan kehadiran sebuah bisnis agar dapat menarik konsumen di tengah-tengah kompetitor yang semakin membludak.

Bisnis berskala kecil sampai besar perlu untuk menemukan keunikan dari produk atau jasa yang mereka tawarkan sehingga menjadi lebih stand out di mata pelanggan. Kompetisi bisnis yang semakin ketat menjadi urgensi dari hadirnya unique selling proposition ini.

Mengenal Unique Selling Proposition (USP)

Unique selling proposition diartikan sebagai sebuah strategi marketing yang bertujuan untuk menginformasikan kelebihan dan kekuatan brand melalui produk atau jasa yang dimiliki kepada konsumen.

Ini bisa diartikan sebagai keuntungan spesifik yang hanya bisa didapatkan ketika menggunakan produk atau jasa tersebut. Keuntungan ini nantinya dapat membantu dalam memecahkan masalah konsumen, mempermudah dalam melakukan sebuah kegiatan, dan masih banyak lainnya.

Secara singkat, unique selling proposition ditempatkan sebagai janji yang dijual oleh brand. Penempatan dari USP sendiri bisa terletak pada value, kualitas, harga, dan sebagainya

Pentingnya Memiliki USP

Untuk menjamin agar sebuah brand dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, memiliki USP menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Ini beberapa alasan mengapa USP menjadi faktor penting dalam sebuah bisnis.

  • Membantu konsumen untuk membedakan apa yang satu brand tawarkan dengan brand lainnya.
  • Menonjolkan posisi brand di tengah kompetitor dengan lini bisnis yang serupa.
  • Menguatkan identitas atau branding yang ada.
  • Membantu konsumen untuk menemukan benefit produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

USP juga dapat membantu dalam membentuk campaign marketing yang sesuai berdasarkan target market yang hendak disasar oleh brand.

Cara Menentukan USP yang Baik

Menurut mailchimp.com, ini adalah panduan awal untuk menentukan USP yang baik dan dapat bertahan lama. Template ini dapat dengan mudah diikuti bagi pebisnis pemula.

  • Perusahaan/produk/jasa kita adalah:
    • Untuk: audiens Anda
    • Yang membutuhkan: apa yang Anda tawarkan
    • Perusahaan/produk/jasa: perusahaan atau nama dari brand Anda
    • Adalah: keunikan pembeda bisnis Anda dengan yang lain
    • Yang: keuntungan unik yang akan Anda tawarkan
    • Tidak seperti: brand yang menjadi kompetitor Anda
    • Rangkuman: brand/produk/jasa Anda adalah tawaran atau keuntungan yang unik.

Jika melihat template di atas, brand memerlukan beberapa hal di bawah untuk menciptakan USP yang menarik.

Target Audiens

Untuk siapa produk atau layanan tersebut ditujukan? Siapa saja yang akan terbantu dengan apa yang Anda miliki? Berapa usia dari konsumen Anda? Beberapa pertanyaan ini bisa Anda jawab ketika hendak menentukan target audiens atau target market.

Pastikan juga bahwa benefit yang akan ditawarkan sesuai sehingga pengalaman pelanggan atau customer experience yang tercipta dapat meningkatkan loyalitas dan kepuasan konsumen.

Benefit atau Keuntungan dari Produk/Jasa

Saat pelanggan akan memilih atau mengonsumsi atau menggunakan produk/jasa Anda, apa satu keuntungan yang mereka hanya bisa dapatkan di bisnis Anda? Setelah menemukan jawaban dari hal ini, Anda tentu menjadi lebih mudah dalam merangkai USP.

Pikirkan hal ini dari kacamata konsumen bukan dari perusahaan. Konsumen perlu untuk merasakan sebuah perbedaan ketika telah membeli atau menggunakan produk/layanan dari bisnis Anda. Ini yang akan membuat bisnis Anda menjadi berbeda dengan kompetitor.

Gaya Bahasa yang Sesuai

Hal ini tentuk tidak lepas dari target audiens dan jenis bisnis yang Anda geluti, lalu dengan branding yang hendak Anda sampaikan kepada konsumen. Jangan memilih gaya bahasa formal untuk sebuah bisnis yang berfokus pada hal-hal yang bersifat non formal. Usahakan juga untuk tidak bertele-tele dan fokus pada keuntungan yang bisa dirasakan oleh konsumen.

Itulah ringkasan singkat mengenai unique selling proposition dan pentingnya untuk memiliki hal tersebut di tengah banyaknya persaingan dan kompetisi bisnis yang hadir. Selamat bereksperimen!

Sumber:

  1. Unique Selling Proposition
  2. Unique selling proposition
  3. What is Unique Selling Proposition? 11 Tips to Develop Winning USP
Adinda Feriana Madani
adindamadani01@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *