Bocoran 5 Trend Konten Instagram di 2024 yang Akan Viral!

DIPDOP > Ceative Agency > Content Marketing > Bocoran 5 Trend Konten Instagram di 2024 yang Akan Viral!
5 Trend Konten Instagram di 2024. Credit: CONTENDR

Di tahun 2024, Instagram semakin berkembang dengan pesat dan menghasilkan banyak fitur-fitur menarik agar penggunanya semakin nyaman untuk berselancar di aplikasi tersebut.

Hal ini ditandai dengan posisi Instagram yang masih konsisten berada di 5 urutan pertama menurut laporan We Are Social. NapoleonCat juga mencatat ada sejumlah 88,861,000 pengguna Instagram di Indonesia, meskipun angka ini menurun dari tahun lalu.

Sebagai pengguna Instagram, memiliki pengetahuan yang up to date dengan fitur-fitur terbaru dan algoritma yang dapat mendukung konten Anda supaya bisa lebih ter-boost oleh Instagram ke audiens yang lebih besar.

Dengan bergantinya tahun, Instagram tentu mengalami perubahan trend dan sistem algoritma dan memilih konten-konten tertentu yang akan dipromosikan yang sesuai dengan perubahan tersebut. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja trend yang akan muncul di Instagram di tahun 2024.

5 Trend Konten Instagram di 2024

1. Buat video reels yang menarik dengan durasi 1-3 menit

Fitur Reels yang ada di Instagram sekarang sudah memperbolehkan untuk mengunggah video dengan durasi hingga 10 menit. Hal ini menjadi keuntungan bagi Anda untuk bisa memanfaatkan kreatifitas dalam menyajikan konten yang berkualitas.

Anda bisa menggunakan teknik storytelling untuk menggaet atensi dengan “3 Second Rule”, dimana di dalam 3 detik pertama, Anda sudah harus bisa untuk mempengaruhi penonton agar tertarik dengan konten Anda.

Anda juga bisa memasukkan iklan dengan fitur in-stream ads dan ads-on reals.

2. Menggunakan teknik storytelling

Untuk bisa menggaet audiens dengan lebih long lasting, Anda perlu untuk menerapkan teknik storytelling dalam menyampaikan isi dari konten Anda.

Storytelling menjadi cara terbaik untuk bisa mendekatkan Anda, terlebih bagi pemilik brand, dengan audiens lewat pemanfaatan emosi melalui kisah yang dirangkai dengan apik.

Terdapat banyak teknik storytelling yang bisa Anda kreasikan ke dalam konten Anda. Kunci dari teknik storytelling adalah dengan memfokuskan pada pain points dari konsumen dan mereka dapat mencari solusinya ketika menggunakan produk/jasa Anda.

Teknik storytelling untuk konten Instagram

3. Memanfaatkan konten UGC untuk branding

Trend satu ini berguna bagi Anda yang memiliki usaha dalam bentuk produk atau jasa atau pemilik brand.

UGC atau user-generated content adalah berbagai bentuk konten baik tulisan, video, foto, review, dan lainnya yang dibuat oleh seseorang seperti konsumen, pelanggan, atau bahkan followers.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap penguatan branding dari usaha yang Anda miliki, karena audiens melihat konten dengan tipe UGC sebagai konten yang genuine atau tulus.

Konten dengan tipe UGC ini bisa membangun kepercayaan pada konsumen, menuntun keputusan pembelian, dan mempromosikan keaslian.

4. Menggunakan filter atau editan yang lebih natural

Ini menjadi salah satu kunci dalam trend konten Instagram di 2024. Dengan demografi dari pengguna Instagram yang didominasi oleh Gen-Z, konten yang memiliki editing natural menjadi lebih menarik.

Anda bisa memaksimalkan penggunaan font yang simpel dan rapih dengan komposisi pemilihan tipografi yang sesuai. Penggunaan warna font juga menjadi krusial (gunakan warna kuning, putih, atau hitam) dalam menarik audiens.

Contoh fonts untuk konten Instagram

Usahakan untuk menggunakan lighting yang tidak berlebihan atau natural lighting seperti cahaya matahari. Pastikan juga untuk memastikan audionya terdengar jelas juga, ya!

5. Ajak audiens berinteraksi dengan konten

Interaksi dengan audiens atau follower adalah hal penting dalam trend konten Instagram di tahun ini karena komunikasi yang terjalin tidak hanya satu arah tapi menjadi dua arah.

Tidak hanya melalui Reels, Anda juga bisa memanfaatkan konten seperti Post atau Story untuk mengajak audiens berinteraksi dengan akun Anda. Anda juga bisa memaksimalkan fitur yang ada di Post atau Story, seperti Song atau Stickers.

Salah satu fitur terbaru yang bisa digunakan dalam Instagram Story adalah “Add Yours Templates” yang mengajak audiens untuk bisa menampilkan foto-foto atau video yang relate dengan isi templatenya.

Nah, itu adalah bocoran dari trend konten Instagram di tahun 2024 yang akan booming dan membantu Anda untuk menumbuhkan jangkauan dan engagement. Nantinya, Anda juga akan berkesempatan untuk melakukan monetisasi apabila akun Anda memiliki engagement yang baik.

Apabila Anda tertarik, Anda juga bisa memanfaatkan jasa social media management yang disediakan oleh DIPDOP agar mendapatkan jasa yang profesional. Anda bisa menghubungi kami di 0811305490 atau email melalui official@dipdop.net.

Adinda Feriana Madani
adindamadani01@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *