5 Tips Membuat Logo untuk Bisnis Anda

DIPDOP > Ceative Agency > Design Service > 5 Tips Membuat Logo untuk Bisnis Anda
Logo-logo terkenal dari berbagai brand di dunia

Dalam membangun branding, logo adalah elemen penting yang dapat meningkatkan kepercayaan pembeli, citra yang profesional, dan menjadi pembeda dari kompetitor lainnya. Menurut para ahli, logo merupakan representasi visual dari identitas merek atau perusahaan. Logo diartikan sebagai simbol grafis yang mengombinasikan visi, misi, dan kepribadian merek secara singkat.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membuat logo untuk branding dari bisnis yang ditawarkan. Ini dia 5 tips membuat logo agar bisnis Anda lebih stand out dari kompetitor lainnya!

5 Tips Penting dalam Membuat Logo

  1. Kenali Merk Sedalam-dalamnya
  2. Pilih Bentuk yang Sederhana tapi Berkesan
  3. Sesuaikan Warna dengan Aksen Brand
  4. Perhatikan Tipografi
  5. Hindari Elemen Klise

1. Kenali Merk Sedalam-dalamnya

Penting bagi Anda dan tim untuk memahami nilai, visi, dan misi dari merek atau brand yang akan disimbolkan dalam bentuk logo. Logo yang baik adalah logo yang mencerminkan esensi dan unique selling point dari brand yang Anda miliki.

2. Pilih Bentuk yang Sederhana dan Berkesan

Logo yang terlalu rumit dapat sulit diingat dan sulit untuk direproduksi di berbagai media. Pilih desain yang sederhana namun mempunyai daya tarik dan daya ingat yang kuat. Anda juga dapat berselancar ke Pinterest atau Tumblr sebagai bahan inspirasi.

Ide desain logo di Pinterest

3. Sesuaikan Warna dengan Aksen Brand

Setiap warna memiliki “sensasi” atau “emosi” yang berbeda. Anda sebagai pemilik brand harus bisa memilih mana warna yang memiliki aksen setara dengan brand Anda. Ini disebut juga dengan color psychology atau psikologi warna. Dilansir dari The Hustle, psikologi warna adalah sebuah riset yang berfokus kepada efek dari sebuah warna terhadap perilaku atau emosi manusia.

Apabila brand yang Anda bangun ingin dilihat sebagai brand yang membawa kehangatan, empati, dan kebahagiaan, warna kuning adalah warna yang tepat sebagai warna utama di dalam logo Anda. Jika brand Anda ingin menampilkan kesan elegan, mewah, pilihlah warna ungu atau emas untuk logo Anda.

Psikologi warna dalam logo brand-brand terkemuka

4. Perhatikan Tipografi

Dilansir dari Telkom University, tipografi adalah seni memilih dan mengatur huruf atau teks sebagai elemen visual dalam suatu desain. Hal ini berpengaruh terhadap citra yang hendak dibangun oleh brand Anda melalui logo. Terdapat 5 jenis tipografi yang biasa digunakan di dalam sebuah brand, yaitu Serif, Sans Serif, Decorative, Script, dan Slab Serif. Pilih jenis tipografi yang menurut Anda paling merepresentasikan “jiwa” dari brand Anda.

5. Hindari Elemen Klise

Logo yang unik dan mudah diingat adalah logo yang menggunakan elemen menarik, namun tetap mencerminkan citra dari brand Anda. Sebagai contoh, apabila bisnis Anda fokus pada masakan rumahan, logo yang bisa Anda buat adalah kombinasi antara elemen “rumah” dan “masak” seperti gambar “rumah” dan “topi chef” atau kombinasi lainnya.

Nah, sekarang Anda sudah lebih memahami beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat logo agar brand Anda lebih mudah dikenal oleh orang. Namun, apabila Anda kesusahan untuk membuat logo yang sesuai dengan brand Anda, DIPDOP menghadirkan jasa pembuatan logo yang profesional dan terjangkau.

Kunjungi portofolio DIPDOP di sini dan hubungi kami untuk konsultasi GRATIS.

Adinda Feriana Madani
adindamadani01@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *