Ketahui Cara Membangun Customer Relationship Anda melalui Media Sosial

DIPDOP > Ceative Agency > Social Media Management > Ketahui Cara Membangun Customer Relationship Anda melalui Media Sosial
Gambar dari Freepik

Mengapa penting untuk membangun hubungan pelanggan?

Ketika Anda telah mempunyai pelanggan baru yang membeli produk yang ditawarkan, bukan berarti tugas Anda selesai. Anda harus tetap menjaga hubungan yang erat dengan pelanggan agar mereka terus datang dan kembali membeli produk Anda.

Berikut beberapa alasan mengapa membangun hubungan dengan pelanggan adalah hal yang penting:

Mengurangi pergantian pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Semakin lama Anda dapat mempertahankan pelanggan, semakin baik hasil yang didapat antara Anda dan pelanggan. Pelanggan menerima pelayanan dan produk yang sangat baik dari bisnis Anda dan, dan begitu juga dengan penjual juga menerima loyalitas pelanggan.

Meningkatkan customer lifetime value (CLV). Semakin lama seorang pelanggan tetap setia dan membeli produk dari bisnis Anda, semakin besar nilai yang dimiliki pelanggan tersebut dalam hubungannya dengan Anda.

Bagaimana membangun hubungan pelanggan dengan media sosial

1. Gunakan Social Listening

Mendengarkan secara sosial adalah tindakan memantau topik dan kata kunci tertentu secara online untuk memastikan Anda menemukan penyebutan penting tentang merek Anda atau topik terkait.

Dengan melakukan social listening, Anda dapat mengetahui hal apa yang tren di media sosial, mengetahui apa kritik dan saran dari pelanggan. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih memahami apa yang diinginkan pelanggan dan Anda dapat menerapkannya untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan.

3. Dengarkan tanggapan pelanggan

Memiliki  akun khusus untuk menampung feedback dari pelanggan merupakan salah strategi untuk mengetahui apa yang mereka inginkan dari brand Anda. Anda dapat membalas feedback pelanggan dengan menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda peduli dengan masukan mereka dan akan menerapkan saran mereka.

Mendengarkan dan menerapkan feedback yang berasal dari pelanggan dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas dari pelanggan. Pelanggan tentu akan merasa puas karena feedback yang didengarkan diterapkan oleh brand.

4. Personalisasikan pengalaman pelanggan

Cara hebat lainnya untuk membangun hubungan pelanggan adalah melalui personalisasi. Pertimbangkan untuk menambahkan widget obrolan langsung ke website Anda untuk pelanggan yang ingin bertanya. Dengan begitu, audiens dapat bertanya langsung melalui widget obrolan yang telah disediakan di website.

5. Buat brand voice yang relevan

Media sosial merupakan wadah yang tepat untuk pelaku bisnis untuk berkomunikasi dengan audiens. Oleh karena itu, dalam berkomunikasi dengan audiens Anda harus menerapkan brand voice yang sesuai dengan target audiens. Berkomunikasi dengan brand voice yang sesuai dapat membangun hubungan yang kuat dengan audiens.

Anda bisa membagikan meme yang tepat dan relevan dengan brand Anda, gunakan bahasa yang sesuai dengan brand voice brand Anda. Selain itu, Anda bisa melihat kompetitor Anda untuk mencari ide untuk menyesuaikan brand voice Anda agar lebih relevan.

6. Berikan hadiah

Orang-orang selalu menyukai barang gratis, hal itulah yang membuat beberapa brand sering mengadakan giveaway untuk memberikan hadiah kepada audiens Anda.

Berikut contoh giveaway dari GoFood Indonesia, brand GoFood Indonesia mengadakan giveaway  kepada audiens dengan memberikan hadiah spesial. Audiens diharuskan menjawab pertanyaan di gambar, memfollow akun brand GoFood Indonesia, dan like postingan.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan flash sale di media sosial, termasuk memberikan barang gratis dan kode diskon.

7. Bagikan User-Generated Content

Konten User Generated Content (UGC) adalah konten sosial tidak berbayar atau tidak disponsori yang dibagikan oleh orang-orang di platform digital saat mereka menggunakan suatu produk atau layanan. Konten UGC yang diterapkan dapat menjadi strategi yang efektif untuk membangun komunitas brand Anda.

Salah satu cara untuk membangun komunitas dan mendorong pelanggan Anda untuk membagikan foto produk Anda adalah dengan memberikan semacam ajakan bertindak untuk pengikut Anda. Bagikan ajakan di bio atau story Anda agar followers melihat ajakan tersebut.

8. Memberikan value di media sosial

Untuk membuat value di media sosial, Anda harus memastikan ada keseimbangan dari konten yang Anda bagikan seperti konten promosi dan konten edukasional.

Bagikan konten blog dan buat video konten edukasional untuk memberikan lebih banyak informasi kepada audiens Anda. Dengan memberikan value kepada audiens dapat menunjukkan betapa bermanfaatnya produk Anda, mendatangkan pelanggan baru, dan menjaga hubungan dengan pelanggan.

9. Bangun komunitas online

Komunitas dapat membuat hubungan brand Anda dan pelanggan semakin kuat. Anda bisa membuat grup komunitas online melalui Grup Facebook, komunitas platform online lain, atau dengan hashtag brand Anda dan undang audiens Anda untuk berpartisipasi.

Salah satu contoh bagus dari komunitas Slack yang sangat aktif adalah Superpath, grup Slack yang berfokus pada pemasaran konten. Pendiri menerbitkan postingan di saluran #announcement untuk berbagi konten berharga, percakapan dalam grup, dan ajakan bertindak untuk bergabung dengan saluran berbayar.

Anda dapat membuat Grup Facebook Anda sendiri, memulai komunitas Slack, atau mencari platform lain yang sempurna untuk membangun komunitas. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat orang-orang mengetahui dan membicarakan merek Anda, bahkan saat Anda tidak menjual secara langsung kepada mereka.

Itulah cara membangun customer relationship melalui media sosial. Kelola media sosial bisnis Anda untuk mempertahankan customer relationship bisnis Anda bersama DIPDOP. Hubungi DIPDOP untuk dapatkan layanan social media management yang tepat untuk bisnis Anda.

Sumber:

https://sproutsocial.com/insights/build-customer-relationships/

operator
chrismasopy.inc@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *