Content Marketing: Strategi Pemasaran Ampuh untuk UMKM

DIPDOP > Uncategorized > Content Marketing: Strategi Pemasaran Ampuh untuk UMKM
Content marketing untuk UMKM
Photo by Gabrielle Henderson on Unsplash
 

Content marketing atau strategi pemasaran konten adalah strategi yang paling sering dijumpai di berbagai macam bisnis mulai dari bisnis mikro, kecil, menengah, sampai besar. Dengan perkembangan teknologi dan sosial media yang semakin pesat, cara mengembangkan bisnis pun juga menjadi beragam. Salah satunya adalah membuat konten di berbagai platform sosial media dan non-sosial media seperti website.

Forbes mendeskripsikan content marketing sebagai sebuah strategi pemasaran yang berfokus pada pembuatan konten yang selaras, relevan, dan bermanfaat untuk target audiens yang dituju. Tidak hanya itu, strategi ini juga menonjolkan tujuan untuk membangun relasi yang baik dengan pelanggan atau audiens dalam waktu yang lama. Konten yang berkualitas juga akan membuat audiens merasa percaya dengan brand. Oleh karena itu, UMKM perlu untuk memaksimalkan strategi content marketing dengan baik.

Pentingnya Content Marketing untuk UMKM

1. Identifikasi Tujuan dan Sasaran

Sebelum melakukan content marketing, kita perlu mengetahui apa yang hendak dicapai dari konten tersebut. Tujuan yang berbeda tentu akan memiliki format atau CTA (Call to Action) yang tidak sama.

Contohnya, meningkatkan brand awareness dengan konten Reels yang menampilkan detail produk dengan kualitas HD.

2. Kenali Target Audiens

Setiap bisnis tentu tidak bisa menyasar target audiens yang luas, melainkan perlu adanya spesifikasi agar dapat memperluas peluang pertumbuhan dari segi profit.

Hal ini perlu ditentukan terlebih dahulu agar konten yang dibuat sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan sosial media yang paling sering digunakan.

3. Buat Content Planning

Setelah menentukan tujuan dan mengetahui target audiens, ini saatnya untuk melakukan content planning.

Content planning adalah strategi untuk memaksimalkan konten yang dibuat melalui perencanaan yang baik mulai dari ide, tujuan (awareness, engagement, conversion, retention), dan platform. Dengan melakukan content planning yang baik, output dari konten menjadi maksimal dan terukur.

4. Eksekusi Konten yang Berkualitas

Konten yang berkualitas tentu memiliki berbagai macam indikator. Menurut Semrush, konten yang berkualitas merujuk kepada konten yang bermanfaat, tepat, dapat diandalkan, dan relevan terhadap audiens yang dituju.

Pemilihan letak lighting atau properti turut menjadi hal yang krusial dalam pembuatan konten.

5. Bagikan Konten ke Platform Lain

Konten yang telah dibuat perlu untuk disebarkan ke platform lain dengan format yang serupa pula. Sebagai contoh, konten yang dibuat untuk TikTok dapat disebarluaskan ke Instagram dan YouTube Short. Tidak hanya itu, bentuk konten juga dapat diubah supaya lebih sesuai, seperti mengubah konten video menjadi tulisan atau infografis

Jenis Content Marketing

1. Infografis

Infografis adalah jenis konten yang memadukan gambar dan atau data dengan tulisan, sehingga informasi yang diperoleh lebih berkualitas. Selain itu, adanya penambahan visual membuat audiens menjadi punya gambaran yang lebih jelas atas informasi yang disampaikan.

2. Website atau blog

Saat ini, artikel SEO menjadi salah satu cara bagi bisnis untuk menaikkan kredibilitas atau brand reputation di mata audiens. Platform yang digunakan untuk mengunggah ini adalah lewat website atau blog. Postingan blog menjadi salah satu format content marketing yang paling populer, lho.

3. Video

Konten dengan jenis video masih menjadi jenis content marketing yang banyak diminati, terutama di Indonesia yang penduduknya sangat aktif di sosial media. Konten video juga menjadi bentuk konten yang sangat bisa dieksplor oleh brand dalam mempromosikan bisnisnya.

4. Podcast

Meskipun konten podcast hanya berfokus di platform audio seperti Spotify dan tidak terlalu diminati oleh audiens kebanyakan, namun jenis content marketing ini dapat menjadi peluang yang menarik apabila dimanfaatkan dengan baik. Podcast yang diupload di Spotify juga memiliki kemudahan untuk diunduh secara offline oleh pendengar sehingga dapat didengarkan di manapun.


Nah, sekarang sudah lebih paham tentang content marketing, bukan? Dalam dunia marketing, inovasi dan perkembangan terjadi dengan pesat. Hal ini menuntut etos belajar yang tidak ada habisnya. Namun, di sisi lain, kita juga memerlukan bantuan yang lebih profesional apabila dibutuhkan.

Oleh karena itu, DIPDOP menyediakan layanan digital marketing yang dapat membantu UMKM Anda berkembang dengan lebih pesat dengan pengalaman profesional yang terjamin!

Referensi:

  1. Glints
  2. Adobe Experience Cloud Blog
  3. Semrush
Adinda Feriana Madani
adindamadani01@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *