10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly bagi Blogger Pemula

DIPDOP > Ceative Agency > Content Marketing > 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly bagi Blogger Pemula
Cara menulis artikel SEO friendly
Photo by Nick Morrison on Unsplash

Bersambung dari artikel sebelumnya mengenai artikel SEO friendly, kali ini kami akan membahas cara menulis artikel SEO friendly berkualitas bagi Anda yang akan menjadi blogger pemula.

Dalam dunia marketing, artikel SEO friendly dapat membawa usaha atau bisnis Anda lebih dikenal banyak orang lewat pengetahuan yang Anda tulis.

Selain itu, brand Anda juga akan berpotensi untuk mendapatkan pelanggan organik tanpa hasil endorse yang cukup mahal.

Pengertian lebih mendalam mengenai potensi artikel SEO friendly telah kami bahas di sini.

Apabila Anda akan menggunakan WordPress sebagai media Anda, Anda dapat menyimak artikel kami yang membahas tentang tutorial untuk membuat website.

Nah, saatnya kita bahas 10 cara menulis artikel SEO friendly yang berkualitas bagi para blogger pemula.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

1. Lakukan Riset Keyword atau Kata Kunci

Hal yang paling mendasar sebelum membuat artikel SEO adalah menyelami keyword yang hendak Anda cantumkan. Keyword ini bisa ditentukan sesuai dengan topik dari website atau blog Anda.

Riset keyword ini bisa Anda lakukan tanpa harus menginstal aplikasi. Anda bisa melakukan riset keyword dengan bantuan Google atau aplikasi yang bisa diakses lewat Google seperti Semrush. 

Anda bisa mengandalkan kolom Related Search ini dan membuat artikel berdasarkan topik yang juga dicari bersamaan dengan keyword di kolom pencarian. 

Agar lebih maksimal, Anda bisa menggunakan Semrush untuk melihat overview atau data dari keyword yang Anda cari.

2. Tentukan Tujuan dari Artikel

Tentukan tujuan utama dari artikel Anda. Apakah Anda ingin memberikan informasi, mempromosikan produk, atau meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda?

Saat Anda mengerti tujuan artikel Anda, ini akan memudahkan Anda dalam merangkai artikel tersebut. 

Setiap tujuan artikel juga memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengakhirinya. Apabila ditujukan untuk mempromosikan produk, Anda bisa mengajak pembaca untuk menghubungi kontak Anda untuk mencoba produk Anda.

Begitu pula dengan tujuan yang lain. Pastikan pembaca merasa bahwa mereka menemukan hal yang mereka cari di artikel Anda.

3. Pilih Judul yang Unik dan Menarik

Buatlah judul yang menarik dan mengandung kata kunci utama Anda. Judul yang menarik akan membantu meningkatkan CTR (Click-Through Rate).

CTR adalah rasio jumlah klik terhadap jumlah impression. CTR yang baik menandakan bahwa artikel Anda merupakan artikel yang membantu pembaca untuk menemukan hal yang mereka cari.

Oleh karena itu, penting untuk Anda bermain dengan pemilihan judul sehingga kesempatan bagi artikel Anda muncul di mesin pencarian Google menjadi lebih meningkat. 

Anda dapat memainkan padanan kata atau sinonim sehingga judulnya tampak berbeda dengan artikel-artikel serupa.

4. Buatlah Konten yang Bermanfaat

Para pembaca akan betah untuk memperhatikan artikel Anda dengan seksama apabila informasi yang Anda sajikan dapat membantu mereka memecahkan sebuah masalah.

Oleh karena itu, artikel yang berkualitas adalah artikel yang bermanfaat bagi para pembaca. Tidak hanya itu, Anda juga penting untuk memperhatikan relevansi dari informasinya.

Anda tidak mungkin, bukan, menyajikan artikel yang bersifat hoax? Itulah sebabnya Anda perlu untuk membaca sumber-sumber terpercaya terlebih dahulu sebelum menulis artikel.

5. Atur Jumlah Keyword

Langkah selanjutnya adalah mengatur jumlah kata kunci pada artikel Anda sehingga meningkatkan probabilitas untuk berada di halaman pencarian Google. 

Masukkan kata kunci Anda secara alami ke dalam konten, termasuk dalam judul, paragraf pembuka, subjudul, dan paragraf lainnya. 

Namun, hindari untuk menaruh terlalu banyak keyword atau over-optimasi karena bisa berdampak negatif pada peringkat SEO.

Pengaturan keyphrase di Yoast SEO

Ini adalah contoh dari pengaturan keyword lewat plugin Yoast SEO di WordPress. Anda dapat dengan otomatis mendapatkan rekomendasi terkait pengaturan keyword di artikel Anda.

6. Masukkan Deskripsi Meta

Deskripsi meta

Deskripsi meta berisi tentang rangkuman singkat mengenai artikel Anda. Anda akan melihatnya pada saat mencari suatu topik di Google dengan tampilan seperti ini.

Penggunaan meta description dalam menulis artikel SEO friendly

Bagian “Cara membuat logo sendiri..” inilah yang disebut dengan deskripsi meta dan menjadi bagian yang dihighlight oleh Google di halaman pencarian.

Namun, tidak jarang bagian yang ditampilkan oleh Google adalah potongan paragraf yang relevan dengan topik yang Anda cari. 

7. Optimalkan Outline Artikel

Artikel yang berkualitas ditandai dengan outline atau struktur yang mudah dipahami dan jelas. Salah satunya adalah dengan penggunaan heading.

Heading atau subjudul menandai bagian-bagian inti dari artikel yang Anda tulis. Sehingga, pembaca akan mudah menangkap inti dari paragraf penjelas yang ditulis setelahnya. 

Selain subjudul, Anda juga bisa memakai bullet points untuk menjelaskan informasi yang ada secara singkat dan padat.

Jangan lupa untuk mengatur jarak dari setiap paragraf agar tidak tumpang tindih dan memusingkan pembaca.

8. Sisipkan Tautan Eksternal dan Internal

Selain itu, Anda juga perlu untuk menyisipkan tautan dari website lain (eksternal) atau website Anda sendiri (internal). 

Hal ini akan membangun kredibilitas artikel Anda karena Anda tidak membuat artikel ini tanpa dasar yang jelas.

Selain itu, apabila artikel Anda bermanfaat, artikel Anda mungkin akan dijadikan referensi bagi orang lain untuk membuat artikel yang serupa atau backlink.

9. Manfaatkan Fitur Gambar

Agar artikel Anda tidak membosankan bagi pembaca, Anda juga perlu untuk menambahkan gambar sebagai penjelas dan penghias artikel.

Terlebih, jika artikel Anda merupakan artikel yang mengandung tata cara dalam melaksanakan sesuatu. 

Sisipan gambar akan membantu pembaca untuk lebih memahaminya secara visual. 

10. Minta Penyuntingan dari Orang Lain

Sebelum Anda memutuskan untuk mengunggah artikel Anda, jangan lupa untuk meminta feedback atau suntingan dari rekan Anda, seperti teman atau keluarga.

Kemungkinan, ada beberapa kesalahan atau error yang tidak disadari saat Anda membuat artikel tersebut. 

Sehingga, penyuntingan dapat meminimalisir kesalahan tersebut menjadi terlihat oleh orang lain.

Nah, itu dia 10 cara untuk membuat artikel SEO friendly yang berkualitas bagi Anda yang hendak memulai mencobanya. 

Untuk website Anda bisa menuju ke halaman teratas tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, jadi teruslah mencoba dan rutin untuk mengunggah artikel tiap beberapa hari sekali.

Selamat bekreasi, Sobat Doppians!

Adinda Feriana Madani
adindamadani01@gmail.com

One thought on “10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly bagi Blogger Pemula”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *