Artikel SEO Friendly: Pengertian, Strategi, dan Perannya dalam Bisnis

DIPDOP > Ceative Agency > Content Marketing > Artikel SEO Friendly: Pengertian, Strategi, dan Perannya dalam Bisnis
Artikel SEO friendly dalam dunia bisnis
Photo by Firmbee.com on Unsplash

Artikel SEO friendly menjadi salah satu ujung tombak bagi digital marketer untuk bersaing di dalam peningkatan branding lewat website. Hampir semua brand saat ini memiliki website sebagai kanal pemasarannya.

Website yang memiliki artikel yang SEO friendly biasanya akan muncul di halaman pertama dalam pencarian Google. Ini akan meningkatkan traffic website, meningkatkan visibilitas brand, dan mungkin mendatangkan konsumen secara organik tanpa endorsement.

Di artikel berikut, kami akan mengulas pengertian, strategi dalam pembuatan, dan perannya di dalam dunia bisnis dari artikel SEO friendly.

Pengertian Artikel SEO Friendly

Artikel SEO friendly adalah jenis artikel website yang memiliki peringkat yang tinggi di SERP (search engine ranking page) karena memuat elemen-elemen yang mendukung, seperti heading dan sub-heading, backlink, dan sebagainya. 

Penggunaan keyword atau kata kunci juga mempengaruhi bagaimana artikel Anda akan muncul di mesin pencarian Google. Anda harus jeli untuk menempatkan kata kunci di dalam artikel Anda supaya tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Komponen dalam Artikel SEO

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menulis artikel SEO, karena hal-hal ini akan mempengaruhi traffic di website yang Anda miliki. 

Apabila Anda menggunakan plugin Yoast SEO di WordPress, Anda akan menemukan penilaian-penilaian seperti Heading, Image, Internal Link, External Link, Keyword Density, Meta Description, dan sebagainya.

Nah, Anda perlu memastikan bahwa kedua emoji senyum di bagian SEO dan Readability berubah menjadi hijau sebelum menekan tombol Publish atau Unggah.

Strategi dalam Membuat Artikel SEO

1. Melakukan Penelitian Kata Kunci

Sebelum benar-benar membuat artikel, Anda perlu untuk memastikan bahwa keywords Anda tidak “ramai”. Ramai di sini adalah tingkat kesulitannya masih bisa untuk dicapai. Anda bisa melihat ini lewat Semrush, seperti di bawah.

Apabila Anda tetap ingin memakai keyword yang ramai, pastikan untuk menampilkan angle yang berbeda dengan artikel-artikel kebanyakan, sehingga akan memungkinkan artikel Anda stand out.

2. Memanfaatkan Fitur-Fitur di Website

Penggunaan heading, header, sub-heading, separator, dan fitur-fitur lain di situs web Anda akan meningkatkan kenyamanan membaca artikel Anda. Pembaca dapat dengan mudah membedakan bagian yang relevan untuk dibaca.

Selain itu, penggunaan heading juga masuk ke dalam penilaian SEO yang ada di WordPress. Anda juga dianjurkan untuk memasukkan keyword di salah satu heading yang ada.

Anda juga bisa untuk menyisipkan gambar dan pastikan untuk menambahkan altributive text atau teks atribut supaya dapat terdeteksi di Google Images/Google Gambar.

3. Menyisipkan Konten yang Dibuat Sebelumnya 

Hal ini disebut juga dengan backlink. Untuk menggunakan backlink dari konten Anda sendiri, pastikan untuk menyamakan topik yang dibahas. 

Sebagai contoh, apabila Anda telah membuat artikel tentang tips membuat kue kering, di artikel selanjutnya Anda bisa untuk menyajikan resep membuat kue kering yang simpel.

Ini akan menambah reputasi dari website Anda karena mesin pencari juga bisa mendeteksi jumlah backlink di konten Anda.

4. Mengoptimalkan Jumlah Kata yang Tertulis

Dalam menuliskan artikel SEO yang baik, Google lebih merekomendasikan artikel yang berkualitas dengan jumlah kata di atas 1.000+, dan yang frekuensi waktu unggahan lebih sedikit dari sebelumnya. 

Hal ini berbanding terbalik dengan trend blog di beberapa tahun sebelumnya yang masih mementingkan frekuensi pengunggahan artikel dengan jumlah kata yang minim (di bawah 1.000 kata).

Oleh karenanya, penting untuk mementingkan kualitas di atas kuantitas karena artikel yang diunggah setiap hari belum tentu sepadan dengan kualitas yang ada.

Peran Artikel SEO dalam Bisnis

1. Tidak Memakan Banyak Budget

Dibandingkan paid contents, artikel SEO friendly yang bersifat organik tidak membutuhkan budget yang terlalu banyak. Anda hanya perlu fokus untuk membuat konten yang baik dan memiliki indikasi ranking yang baik pada saat dicek di plugin SEO yang Anda miliki.

Selain itu, membuat artikel SEO bisa melatih kreatifitas dan kemahiran Anda dalam merangkai kata-kata sesuai dengan topik yang Anda bawakan. 

2. Membangun Kepercayaan Brand

Apabila website Anda muncul di halaman pertama dalam pencarian Google, itu akan menimbulkan persepsi bahwa website Anda adalah salah satu sumber yang kredibel. Semakin sering artikel yang Anda tulis berada di tingkat teratas, brand Anda akan semakin dikenal oleh calon pembeli, klien, ataupun investor.

Hal ini juga akan menambah value dari brand Anda di mata mereka sehingga mereka tidak lagi ragu untuk menggunakan produk/jasa yang Anda miliki.

3. Menarik Lalu Lintas Organik (Traffic Organic)

Saat Anda memasukkan kata kunci tertentu di kolom pencarian, Anda akan disuguhkan dengan beberapa artikel dengan kata kunci yang serupa. Dengan berkunjung ke website tersebut dari mesin pencarian Google, inilah yang akan memunculkan lalu lintas organik.

Peningkatan lalu lintas organik ini dicapai dengan menciptakan artikel-artikel yang SEO friendly. Semakin banyak konten Anda yang masuk ke dalam halaman pertama di pencarian, Google akan semakin sering untuk mempromosikan website Anda.

4. Menyajikan Pengalaman Pengguna yang Terbaik

Selain memiliki desain website lewat User Interface yang menarik, hadirnya artikel yang SEO friendly akan menyajikan pengalaman pengguna (user experience) yang terbaik. 

Dengan menampilkan artikel yang rapih, mudah dibaca, dan tersusun sesuai heading dan sub-heading, pengguna akan lebih nyaman berselancar di website Anda.


Artikel SEO menjadi salah satu strategi pemasaran yang akan menunjang brand Anda supaya menjangkau lebih banyak pasar. 

Melihat pentingnya artikel SEO untuk sebuah bisnis, DIPDOP berkomitmen untuk membantu Anda dalam mewujudkan artikel SEO yang berkualitas.

Dengan bantuan profesional kami, Anda akan lebih berpotensi untuk meningkatkan penjualan lewat organic traffic di website. Anda dapat menghubungi kami di sini atau melalui nomor telepon 0811305490.

Selamat mencoba dan bereksperimen, ya!

Sumber:

Why SEO Is Important For Your Business

7 Manfaat SEO dalam Bisnis yang Wajib Diketahui

Tips and tools to write SEO-friendly content

Adinda Feriana Madani
adindamadani01@gmail.com

One thought on “Artikel SEO Friendly: Pengertian, Strategi, dan Perannya dalam Bisnis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *