Analisis SWOT: Alat Jitu dalam Menentukan Strategi Bisnis

DIPDOP > Ceative Agency > Business Consulting > Analisis SWOT: Alat Jitu dalam Menentukan Strategi Bisnis
Analisis SWOT dalam dunia bisnis
Photo by Kaleidico on Unsplash

Analisis SWOT sudah menjadi salah satu alat yang cukup umum bagi perusahaan, organisasi, atau bisnis untuk digunakan dalam memetakan strategi sebuah goal. Tidak jarang pula ditemui penggunaan analisis SWOT untuk diri sendiri dalam dokumen yang diperlukan untuk melamar sebuah kerja.

Kegunaan analisis SWOT tidak hanya diperuntukkan untuk mencapai keuntungan finansial, tapi juga memberikan gambaran lebih detail dan data-based terhadap perencanaan bisnis, organisasi, atau perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini karena analisis tersebut menggunakan parameter internal dan juga eksternal. Dengan begitu, setiap keputusan yang diambil juga tidak jauh dari realitas yang sedang atau mungkin akan terjadi di luar sana.

Di artikel ini, kita akan membahas tentang analisis SWOT dalam sebuah bisnis. Jangan lupa disimak sampai akhir, ya!

Pengertian Analisis SWOT

SWOT merupakan singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats. Analisis SWOT merupakan alat yang berguna dalam mengembangkan strategi bisnis.

Selain itu, analisis SWOT juga digunakan untuk memahami kekuatan dan kelemahan internal bisnis, serta melihat potensi peluang dan ancaman eksternal yang dapat berdampak pada kinerja mereka.

Analisis SWOT bertujuan untuk memberikan dasar yang lebih kuat dalam membuat berbagai keputusan bisnis/perusahaan/organisasi supaya hasilnya bisa lebih maksimal dan terukur.

Elemen-elemen Analisis SWOT

1. Strength/Kekuatan

Dalam menentukan Strength, Anda perlu untuk melihat kembali kekuatan atau keunggulan dari bisnis yang menaungi/dinaungi oleh Anda. Misalnya, teknologi in-house yang canggih, tim manajemen yang berpengalaman, atau reputasi merek yang kuat.

Beberapa pertanyaan yang bisa dikulik untuk hal ini adalah,

  1. Apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan kompetitor lain?
  2. Apa review dari pelanggan yang paling sering muncul?
  3. Apa produk/layanan yang paling menjual dari yang lainnya?

2. Weakness/Kelemahan

Weakness/kelemahan ditentukan dari produk/layanan yang Anda miliki yang memiliki performa yang kurang baik, atau permasalahan yang sering muncul saat membuka kolom review dari pelanggan.

Selain itu, Anda juga bisa untuk melihat kekurangan dalam menyajikan performa terbaik atau area dari bisnis Anda yang memiliki kemungkinan untuk kalah dengan pesaing.

Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan di bawah untuk mengetahuinya.

  1. Area apa yang bisa untuk ditingkatkan?
  2. Apa review buruk atau kritik dari pelanggan yang sering muncul?
  3. Apa permasalahan yang sering hadir di dalam bisnis?

3. Opportunities/Peluang

Bagian ini ditentukan dari tren pasar atau perubahan eksternal yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis Anda, misalnya pergeseran preferensi konsumen, perkembangan teknologi baru, atau perubahan peraturan industri.

Hal ini juga bisa dipertimbangkan lewat potensi kolaborasi dengan mitra strategis, ekspansi pasar baru, atau diversifikasi produk yang dapat memunculkan potensi-potensi baru.

Anda perlu untuk sering melakukan riset lapangan atau sosial media untuk mengetahui niche baru dari pasar yang Anda sasar.

Sehingga Anda bisa untuk menjadi yang pertama dalam menyajikannya ke konsumen dan memberikan keunikan baru.

Coba jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah untuk mengetahui aspek ini, ya!

  1. Tren apa yang paling sering lewat di sosial media terkait dengan bisnis Anda?
  2. Inovasi apa yang bisa untuk menambah keunikan dari bisnis Anda?
  3. Bagaimana cara Anda untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas?

4. Threat/Ancaman

Anda perlu untuk meninjau faktor-faktor eksternal yang dapat menghambat pertumbuhan atau kinerja bisnis Anda. Ini bisa termasuk persaingan yang meningkat, perubahan kebijakan pemerintah, atau risiko ekonomi global.

Evaluasi juga risiko-risiko yang mungkin timbul dari tren negatif dalam industri atau perubahan perilaku konsumen. Misalnya, tren penurunan permintaan untuk produk atau layanan tertentu.

Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bisa membantu Anda untuk menentukan ancaman yang hadir.

  1. Apa yang membuat kompetitor Anda kalah saing dengan kompetitor lainnya?
  2. Tren apa yang Anda lewatkan dalam bisnis?
  3. Perubahan regulasi apa yang sedang terjadi di negara Anda?

Pentingnya Menerapkan SWOT

Dalam dunia bisnis, Anda akan sering menjumpai perubahan trend, regulasi, keputusan, dan aspek lainnya yang dapat mempengaruhi kinerja atau performa yang ada.

Oleh karena itu, penting bagi setiap perusahaan/bisnis/organisasi membuat analisis seperti ini secara berkala untuk tetap waspada dan bisa merespon perubahana dengan baik.

Selain itu, pentingnya penerapan analisis SWOT dapat Anda simak di bawah.

  1. Memahami Keadaan Internal dan Eksternal: Analisis SWOT membantu bisnis untuk secara komprehensif mengevaluasi kekuatan dan kelemahan internal mereka, serta peluang dan ancaman eksternal yang mereka hadapi. Ini memberikan pandangan menyeluruh tentang kondisi saat ini bisnis dan faktor-faktor yang mungkin memengaruhi kinerja mereka di masa depan.
  2. Menemukan Keunggulan Bersaing: Dengan mengidentifikasi kekuatan internal yang unik dan keunggulan kompetitif, bisnis dapat menemukan cara untuk memanfaatkan keunggulan ini dan menghadapi pesaing dengan lebih efektif. Analisis ini membantu bisnis untuk menemukan cara untuk membedakan diri mereka di pasar.
  3. Mengatasi Kelemahan dan Ancaman: Dengan mengidentifikasi kelemahan internal dan ancaman eksternal, bisnis dapat mengambil langkah-langkah proaktif untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin muncul sebelum menjadi hambatan yang signifikan bagi pertumbuhan dan kesuksesan bisnis. Ini bisa meliputi investasi dalam pengembangan karyawan, perubahan dalam strategi pemasaran, atau diversifikasi produk untuk mengurangi risiko.

Contoh Analisis SWOT dalam Dunia Bisnis

Setelah mengetahui secara mendalam mengenai elemen-elemen dalam analisis SWOT, berikut kami berikan contoh dalam membuatnya di sebuah bisnis pakaian dengan ciri ciri desain yang timeless dan range warna yang basic (navy, coklat, beige, hitam, putih, maroon)

Strength

  1. Desain pakaian yang timeless
  2. Warna yang mudah di mix and match
  3. Menggunakan material berkualitas tinggi

Weakness

  1. Tidak banyak berkreasi dalam desain
  2. Range warna yang lebih sedikit
  3. Persaingan bisnis yang ketat

Opportunity

  1. Memanfaatkan omnichannel dalam melakukan pemasaran
  2. Membuat koleksi khusus yang berkolaborasi dengan artis/individu terkenal
  3. Diversifikasi produk

Threat

  1. Trend mode yang sering berubah
  2. Pasar fast fashion yang masih terkenal
  3. Berpotensi untuk diimitasi dengan harga yang lebih murah

Mengetahui dasar dari setiap strategi yang dibuat dimulai dari melakukan analisa yang tepat, dan menentukan objektif yang tepat sasaran pula. Inilah pentingnya analisis SWOT dalam dunia bisnis/perusahaan/organisasi. Selamat belajar dan berkarya!

Sumber

SWOT Analysis: How To With Table and Example

Adinda Feriana Madani
adindamadani01@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *